Minggu, 06 Februari 2011

What is a Gimmick?

Deluxe Magic Kit

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai berbagai macam trik sulap, saya ingin sedikit menjelaskan dahulu mengenai Gimmick. tau kah apa yang dimaksud dengan Gimmick?

Gimmick adalah sebuah alat bantu rahasia yang digunakan oleh pesulap. Letaknya tersembunyi sehingga penonton tidak dapat melihatnya dan tidak boleh tahu keberadaanya. Pull yang menarik sapu tangan ke dalam lengan baju adalah salah satu contoh gimmick. Kotak kaca disebut kotak gimmick karena dirancang dan dibuat sedemikian rupa untuk membantu anda menyembunyikan barang - barang yang akan anda munculkan. Kaca di dalam kotak kaca tersebut disebut feke, yaitu sebuah alat bantu rahasia yang letaknya tidak tersembunyi sehingga dapat dilihat, tetapi penonton tidak melihat dan menyadari keberadaanya.
Penonton tidak mencurigai kaca yang dipasang dengan posisi diagonal di dalam kotak, karena penonton tidak menyadari adanya kaca ini dan yang terlihat oleh penonton adalah bagian dasar atau bagian belakang dalam kotak.

Sebuah gelas yang telah dihilangkan bagian dasarnya juga merupakan sebuah feke. Yang terlihat penonton bahwa ini adalah gelas normal, karena mereka tidak melihat dan menyadari bahwa yang mereka lihat sebenarnya adalah sebuah tabung yang berlubang bagian atas dan bawahnya. Ada banyak benda yang dapat dijadikan feke lainnya seperti short corner card / kartu gimmick, uang kertas lembaran seribu dan dua ribu dilem menjadi satu, pisau yang masing - masing sisi pegangannya dicat dengan warna berlainan dan sebagainya.

Hal yang terpenting adalah agar penonton tidak tahu bahwa barang - barang normal dapat dibuat menjadi feke. Tidak akan ada orang yang mengira anda akan menggunakan dua lembar uang kertas yang ternyata dilem menjadi satu. Yaitu orang - orang tahu bahwa kartu - kartu yang digunakan oleh pesulap telah diberi tanda sebelumnya, tetapi tidak pernah terbesit di kepala mereka bahwa kartu tersebut ditandai dengan cara memendekkan dua ujungnya. Untuk kepentingan karir anda didunia misteri, hormatilah rahasia - rahasia di dalam sulap. Terkadang magician selalu menyebutkan setiap alat sulap itu adalah gimmick.

source : http://hanhan-magic.blogspot.com/2010/10/what-is-gimmick.html
Selengkapnya...

Tips Mengurangi Resiko Saat Bermain Sulap


 Pada artikel kali ini, saya akan memberikan kepada anda tips - tips untuk mengurangi resiko saat anda bermain sulap. Baik itu street magic ataupun bermain sulap panggung. Karena banyak sekali kejadian - kejadian yang tidak diinginkan oleh para pesulap terjadi pada saat mereka sedang memainkan sebuah trik atau routin tertentu.
 
Seringkali saat anda sedang bermain sulap di depan orang banyak anda dimohon untuk mengulangi atau memainkan lagi permainan sulap anda. Untuk itu jangan pernah tergoda karena jika anda melakukan permainan atau sebuah trik yang sama dua kali berturut - turut, mungkin rahasia trik anda akan terbongkar oleh orang lain yang melihatnya. Hindari hal itu dengan melakukan trik baru atau katakan bahwa anda sebenarnya ingin melakukannya lagi, tetapi sayangnya hukum pesulap melarang hal itu.
Setiap kali ada gerakan yang harus anda sembunyikan dari pandangan penonton, cobalah untuk melakukan misdirection (pengalihan perhatian) kepada penonton. Hal ini dapat dilakukan dengan banyak cara seperti tulisan saya sebelumnya. Misalnya dengan melakukan kontak mata, atau melakukan sesuatu yang akan memindahkan perhatian mereka ke tempat lain.

Jangan sampai penonton melihat persiapan anda. Saat anda menghadiri sebuah acara untuk tampil memainkan permainan sulap anda, lakukanlah persiapan sebelum acara dimulai dan jangan lakukan itu secara “dadakan”. Sebelum menghadiri acara tersebut, pergilah sebentar ke kamar mandi atau ruang yang tersendiri untuk memeriksa segala sesuatu dan semua peralatan anda. Akan terlihat sangat buruk jika ketika tiba - tiba anda diminta harus melakukan sebuah trik, anda harus berbalik dan mempersiapkannya terlebih dahulu.

Perhatikan cermin atau penonton yang mungkin berada di belakang anda. Gunakan segala cara untuk tidak membongkarkan rahasia - rahasia trik anda, baik karena penampilan yang buruk atau dengan mengatakan semuanya meskipun anda dipaksa untuk melakukan hal itu oleh beberapa penonton.

Hal - hal di atas tentu saja sering anda alami. Seperti halnya dengan saya, sering sekali saya dipaksa oleh penonton saya untuk mengajarkan kepada mereka sebuah trik yang saya mainkan pada saat itu. Dan lakukan hal - hal di atas untuk menghindari berbagai macam resiko yang tidak anda inginkan pada saat anda melakukan sebuah permainan sulap.

Source : http://hanhan-magic.blogspot.com/2010/10/tips-mengurangi-resiko-saat-bermain.html


Selengkapnya...

Cara Mendeteksi Kebohongan Seseorang

pinokio

Terkadang dalam sebuah permainan sulap, seorang magician harus bertemu dengan heckler yang jelas-jelas sebagai seorang magician pasti sangat benci dengan adanya heckler, namun di kesempatan kali ini, saya coba mengupas mengenai cara mendeteksi kebohongan seseorang yang hal ini pasti sangat berguna untuk para magician mental atau hypnotizer. dan mungkin pula berguna untuk anda. oke cekidot saya dapat referensinya dari blog tetangga...

Beberapa orang memiliki kemampuan untuk menipu orang lain dengan mudah. Namun, saat seseorang berbohong biasanya bisa dilihat dari fisiknya. Salah satunya adalah dengan mengamati mata lawan bicara Anda. Mengapa demikian?

Ketika menjawab pertanyaan dan bola mata orang tersebut bergerak ke arah kiri kemungkinan jawabannya jujur. Sedangkan bila bergerak ke arah kanan kemungkinan orang itu sedang mengatakan sesuatu yang bohong atau berbohong. Hal ini karena bagian otak kiri berfungsi sebagai Auditory Memory, sedangkan otak kanan untuk kreatifitas. Maka bila bola mata ke kiri,
berarti dia berusaha mengingat sedangkan sebaliknya jika bola mata ke arah kanan berarti dia sedang menyusun atau menggambarkan sesuatu sebagai jawaban yang lain. Hal ini karena bagian kreatifitasnya sedang bekerja untuk mengarang suatu cerita bohong.

Ciri fisik lainnya ketika seseorang sedang berbohong antara lain :

1. Badan berkeringat.

2. Napas mulai berat.

3. Nada suara berbeda seperti meninggi atau monoton.

4. Badan dan wajah terlihat kaku khususnya bagian dahi dan bibir.

5. Tangan banyak bergerak misalnya memegang sesuatu, saling menggosok-gosokkan tangan, menggosok hidung, atau menutup mulut.

6. Si pembohong tanpa disadari akan meletakkan benda-benda seperti cangkir, kertas, bolpen, atau benda lain sebagai pembatas.

7. Coba ubah topik pembicaraan, jika ekspresinya terlihat lega, berarti ia sedang berbohong.

Namun jika ia mengembalikan ke topik semula, berarti ia sedang berkata jujur.

Trik di atas juga dapat anda manfaatkan untuk membuat sebuah permainan mentalism dengan efek killer. Tuangkanlah kreativitas anda, dan jangan lupa berbagi jika sudah menemukan triknya.

Source : http://hanhan-magic.blogspot.com/2010/10/cara-mendeteksi-kebohongan-seseorang.html
Selengkapnya...

Sabtu, 05 Februari 2011

Misdirection

 
Misdirection sering kali digunakan dalam pertunjukan hiburan sulap untuk mengalihkan perhatian. Bahkan hampir di setiap aspek kehidupanpun penerapan pengalihan perhatian ini sering di gunakan; dalam bidang olah-raga, ekonomi, sosial, politik, hukum, dan bahkan dalam dunia perfilm-an. Bahkan pada film Swordfish ada sebuah percakapan yang menarik antara Gabriel (John Travolta) dengan Stanley (Hugh Jackman) :

Gabriel: Have you ever heard of Harry Houdini? Well he wasn’t like today’s magicians who are only interested in television ratings. He was an artist. He could make an elephant disappear in the middle of a theater filled with people, and do you know how he did that?  “Misdirection”
 
Stanley: What are you talking about?
 
Gabriel: Misdirection. What the eyes see and the ears hear, the mind believes.

Seringkali kita melihat, mendengar dan mempercayainya dalam pikiran sesuatu yang sebenarnya adalah sebuah pengalihan perhatian. Semua prinsip-prinsip yang di lakukan sangat membutuhkan perhatian dan konsentrasi tinggi sehingga Anda tidak menyadarinya bahkan ketika melihatnya. Sangat sulit untuk melawan pengalih perhatian secara sadar, karena hal itu didasari oleh sifat manusia. Saya tahu jika anda mendengar suara keras dari belakang anda, anda akan menoleh kearah itu. Pengalihan perhatian sama persis seperti itu. Namun tidak selalu tampak seperti itu, tapi akan memiliki efek yang sama. Pengalihan perhatian bekerja dengan baik karena telah dipikirkan dengan matang. Tidak selamanya pengalihan perhatian itu sesuatu yang buruk, Anda dapat mengambil keuntungan dengan menerapkan disiplin dalam pengalihan perhatian. Apabila anda seorang pendidik, trainer, dosen atau sesuatu yang ada hubungannya dengan proses pembelajaran, anda dapat mengendalikan perhatian siswa anda setiap saat.

Apabila diterapkan dalam aktivitas Social Engineering tindakan pengalihan perhatian seperti ini bila dilakukan oleh seorang yang berniat jahat akan sangat membahayakan.
Berikut ini adalah contoh pengalihan perhatian yang sederhana :
  1. Berapa banyak jari yang dimiliki seseorang pada kedua tangannya ?
  2. Berapa banyak jari pada 10 tangan ?
Jika Anda seperti kebanyakan orang. Anda akan menjawab 10 dan 100. Jawaban pertama benar. Jawaban kedua salah. Kembali dan baca ulang. Contoh sederhana ini menunjukkan bagaimana pengalihan perhatian dalam skala kecil. Pertanyaan pertama mengarahkan Anda kepada pola tertentu dan menaruh Anda dalam suatu cara berpikir tertentu. Ketika Anda mendapatkan pertanyaan kedua, Anda menjawab berdasarkan jawaban pertanyaan pertama, yaitu : 10 x 10 = 100. Kelihatan mudah. 

Itulah pengalihan perhatian, Sangat sederhana.
Pada saat mencapai garis akhir, Anda baru menyadari bahwa Anda telah kehilangan beberapa informasi selama perjalanan . 

*btw..Jawaban pertanyaan kedua permainan di atas adalah 50. 

source : http://sprg.org/night/?p=247
Selengkapnya...

Selasa, 01 Februari 2011

DASAR-DASAR SULAP MENTALIS


HAL pertama yang harus diketahui oelh seorang mentalis adalah bahwa ada perbedaan nyata antara pertunjukkan mentalis dan pertunjukkan sulap. Meski metode dan alat peraga yang mereka bawakan seringkali memiliki kemiripan, seorang metalis mampu memanfaatkan teknik-teknik psikologis tertentu yang tidak bisa dilakukan oleh pesulap.

Sebagai misal, sudah merupakan fakta bahwa saat Anda bicara pada seseorang, orang tersebut akan memperhatikan wajah Anda. Jika Anda adalah seorang ahli pidato atau seorang komedian, kondisi seperti ini hampir selalu benar adanya karena tak ada alasan lain untuk memalingkan wajah.

Tidak begitu halnya bagi seorang pesulap. Orang tahu di awal bahwa pesulap melakukan trik, dan setiap orang membayangkan bahwa mereka mungkin melihat “bagaimana cara melakukannya” jika mereka melihatnya dari dekat, perhatian mereka akan tertuju antara wajah dan tangan si pesulap (atau khususnya bagaimana alat peraga digunakan). Oleh karenanya, seorang pesulap akan memanfaatkan salah arah untuk memastikan bahwa perhatian diarahkan secara benar.

Jika seorang pesulap memasukkan permainan mental dalam pertunjukkan mereka, hal yang sama pun diterapkan. Meski dia mungkin menyatakan akan mendemontrasikan suatu fenomena pikira, para penonton sudah terkondis untuk tidak mempercayai segala sesuatu yang dikatakan pesulap dan akan terus mencari trik-trik yang digunakan.

Oleh karenanya, sangat beralasan jika seorang penonton mempunyai alasan untuk bersikap curiga bahwa pelaku pertunjukkan memperlihatkan sulap atau +tipuan sulap”, kata-kata dan perbuatannya akan menjadi bahan penelitian ketimbang yang dilakukan oleh seorang ahli pidato.

Itulah sebabnya para mentalis bisa secara efektif memanfaatkan metode-metode yang akan secara transparan terlihat kasar dan nyata jika digunakan oleh seorang pesulap. Seorang mentalis harus mempunyai sesuatu yang “luar biasa”.

Demi menyaksikan seorang mentalis yang secara total mampu menarik perhatian penonton hanya dengan efek sederhana, beberapa pesulap yang kurang berlatih seringkali memaksanakan diri untuk memasuki “ranah mentalisme”. Tak ada ketrampilan psikis untuk secara akurat memprediksikan apa yang akan terjadi jika mereka mengelabuhi diri mereka sendiri terhadap penonton yang tidak merasa curiga.


MAKNA DI BALIK MENTALISME

Pertunjukkan mentalisme pada dasarnya merupakan seni mempertunjukkan efek-efek yang  nampaknya di luar nalar dalam suatu pertunjukkan. inti dari pertunjukan mentalisme ini terletak pada kemampuan pelaku untuk mengatasi rasa tidak percaya penontonnya. Sayangnya, dalam soal psikis dan fenomena paranormal lainnya, sudah ada keyakinan mendalam. Tetapi, merupakan kesalahan besar untuk beranggapan bahwa penerimaan masyarakat secara sederhana terhadap kemungkinan ESP cukup untuk melakukan suatu pertunjukkan mentalisme yang sukses. Pandangan seperti ini menjadi penyebab banyaknya kegagalan pertunjukkan. Dan hal itu banyak terjadi dewasa ini.

Kalau begitu, hal apakah yang mampu menjadikan suatu pertunjukkan itu bagus? Tentu saja ada banyak faktor, tetapi hal utamanya adalah pertunjukkan itu harus menghibur. Siapa saja yang berpikir sebaliknya dan berani mempertontonkan suatu pertunjukkan yang dibuat-buat merupakan perbuatan yang bodoh dan egistis. Jika seorang pelaku pertunjukkan merasa pertunjukkan efek mentalnya akan menyebabkan penonton duduk terkagum-kagum dengan keahliannya, ia salah besar.

Sesungguhnya, nilai hiburan sendiri tidak menghasilkan suatu pertunjukkan mental. Tetapi, sulitlah menghibur jika pesulap tidak suka Anda atau apa saja yang Anda lakukan. Jadi, kita tiba pada aturan sederhana yang harus Anda lakukan sekuat tenaga agar Anda disukai. Banyak mentalis dewasa ini berusaha mempertunjukkan suatu imagi  bertipe superman (serba bisa). Hal seperti itu untuk sementara membat orang ternganga, tetapi untuk seterusnya mereka akan meninggalkannya. Para penonton mungkin suka menonton pertunjukkan tipu-tipu sekali waktu, tetapi mereka melakukannya hanya untuk melongo, bukannya untuk berinteraksi. Jika seorang mentalis tidak mampu untuk mengajak penonton berinteraksi, misalnya ikut berpartisipasi secara sukarela, ia gagal melakukan pertunjukkan.

Berapa kali Anda mendengar orang mengeluh “Sepertinya saya tidak bisa meminta penonton untuk ikut berpartisipasi?” Orang yang punya masalah seperti itu sebaiknya memperhatikan diri sendiri. Apakah mereka mempunyai kepribadian yang disukai, atau apakah mereka melakukan pose yang mengancam penontonnya? Atau lebih buruknya lagi, apakah ia terlalu kuat sehingga orang lain tidak ingin terlihat bersama mereka?

Dan itulah salah satu alasannya pertunjukkan mentalisme sulit dilakukan. membaca pikiran orang lain secara inheren mengancam orang lain. Coba pertimbangkan, apakah orang benar-benar ingin pikiran mereka terbaca? Apa Anda mau pikiran Anda terbaca? Coba bayangkan jika Anda benar-benar mampu membaca pikiran orang lai dan mengungkapkannya. Menurut Anda, apa merak akan menyukai Anda? Apa Anda pikir mereka akan bersuka rela sekali mereka yakin bahwa Anda benar-benar mampu melakukannya? Tentu saja tidak. Mereka akan menjauhi Anda secepatnya, atau bakan mereka akan membunuh Anda. tetapi sebagai seorang mentalis Anda tidak bisa berhenti begitu saja dan bilang Anda hanya melakukan trik saja. Jika demikian, maka pertunjukka hanya semata permainan puzzle saja. Kepuasaan dari dalam pun menghilang.

Penyelesaiannya sederhana saja, Anda cukup menciptakan kesan bahwa Anda melakukannya tidak setiap saat, bahwa hal itu tidak selalu berhasil, bahwa itu bukanlah pikiran yang Anda baca, melainkan pemikiran yang dinyatakan secara jelas oleh seorang sukarelawan. itulah sebabnya mereka harus menuliskan segala sesuatunya, atau melakukan piihan di antara opsi yang sudah jelas-jelas ditentukan.  Dalam satu sentakan, Anda telah berhasil menghilangkan satu ancaman sekaligus menjadikan rahasia mentalisnya dimungkinkan  dan masuk akal.

http://blog.beswandjarum.com/denus/2010/03/15/dasar-dasar-sulap-mentalis/
Selengkapnya...