Sabtu, 05 Februari 2011

Misdirection

 
Misdirection sering kali digunakan dalam pertunjukan hiburan sulap untuk mengalihkan perhatian. Bahkan hampir di setiap aspek kehidupanpun penerapan pengalihan perhatian ini sering di gunakan; dalam bidang olah-raga, ekonomi, sosial, politik, hukum, dan bahkan dalam dunia perfilm-an. Bahkan pada film Swordfish ada sebuah percakapan yang menarik antara Gabriel (John Travolta) dengan Stanley (Hugh Jackman) :

Gabriel: Have you ever heard of Harry Houdini? Well he wasn’t like today’s magicians who are only interested in television ratings. He was an artist. He could make an elephant disappear in the middle of a theater filled with people, and do you know how he did that?  “Misdirection”
 
Stanley: What are you talking about?
 
Gabriel: Misdirection. What the eyes see and the ears hear, the mind believes.

Seringkali kita melihat, mendengar dan mempercayainya dalam pikiran sesuatu yang sebenarnya adalah sebuah pengalihan perhatian. Semua prinsip-prinsip yang di lakukan sangat membutuhkan perhatian dan konsentrasi tinggi sehingga Anda tidak menyadarinya bahkan ketika melihatnya. Sangat sulit untuk melawan pengalih perhatian secara sadar, karena hal itu didasari oleh sifat manusia. Saya tahu jika anda mendengar suara keras dari belakang anda, anda akan menoleh kearah itu. Pengalihan perhatian sama persis seperti itu. Namun tidak selalu tampak seperti itu, tapi akan memiliki efek yang sama. Pengalihan perhatian bekerja dengan baik karena telah dipikirkan dengan matang. Tidak selamanya pengalihan perhatian itu sesuatu yang buruk, Anda dapat mengambil keuntungan dengan menerapkan disiplin dalam pengalihan perhatian. Apabila anda seorang pendidik, trainer, dosen atau sesuatu yang ada hubungannya dengan proses pembelajaran, anda dapat mengendalikan perhatian siswa anda setiap saat.

Apabila diterapkan dalam aktivitas Social Engineering tindakan pengalihan perhatian seperti ini bila dilakukan oleh seorang yang berniat jahat akan sangat membahayakan.
Berikut ini adalah contoh pengalihan perhatian yang sederhana :
  1. Berapa banyak jari yang dimiliki seseorang pada kedua tangannya ?
  2. Berapa banyak jari pada 10 tangan ?
Jika Anda seperti kebanyakan orang. Anda akan menjawab 10 dan 100. Jawaban pertama benar. Jawaban kedua salah. Kembali dan baca ulang. Contoh sederhana ini menunjukkan bagaimana pengalihan perhatian dalam skala kecil. Pertanyaan pertama mengarahkan Anda kepada pola tertentu dan menaruh Anda dalam suatu cara berpikir tertentu. Ketika Anda mendapatkan pertanyaan kedua, Anda menjawab berdasarkan jawaban pertanyaan pertama, yaitu : 10 x 10 = 100. Kelihatan mudah. 

Itulah pengalihan perhatian, Sangat sederhana.
Pada saat mencapai garis akhir, Anda baru menyadari bahwa Anda telah kehilangan beberapa informasi selama perjalanan . 

*btw..Jawaban pertanyaan kedua permainan di atas adalah 50. 

source : http://sprg.org/night/?p=247

Tidak ada komentar:

Posting Komentar