Minggu, 13 Februari 2011

History Escapology

Seni melarikan diri dari hambatan,ikatan dan ruang terbatas,yaitu keterampilan yang telah dikerjakan oleh para pesulap untuk waktu yang sangat lama. Bukan awalnya ditampilkan sebagai tindakan nyata dalam dirinya sendiri tapi malah diam-diam digunakan untuk menciptakan efek ilusi lainnya seperti hilangnya atau transmutasi. Pada 1860, para Davenport Brothers, yang terampil melepaskan diri dari ikatan tali, menggunakan seni untuk menyampaikan kesan mereka dapat dikendalikan ketika mereka menciptakan spirit fenomena.

Ilusi lain, termasuk John Nevil Maskelyne, menampilakan bagaimana Davenport melakukan tindakan mereka dan kembali menciptakan trik untuk menghilangkan prasangka saudaranya 'yang mengklaim kekuatan psikis. Namun performa terang-terangan tidak melibatkan melarikan diri, hanya sebuah replikasi trik dengan pernyataan bahwa mereka dicapai oleh para pesulap yang mengunakan kekuatan roh. Butuh waktu tiga puluh tahun sebelum keahlian murni melarikan diri mulai ditampilkan sebagai suatu pertunjukan yang layak disaksikan. Sosok yang paling bertanggung jawab untuk membuat hiburan escapology yang diakui adalah Harry Houdini, yang membangun kariernya dengan mendemonstrasikan kemampuan untuk melepaskan diri dari berbagai macam hambatan dan situasi sulit. 


Houdini tidak menyembunyikan fakta bahwa ia adalah seorang pakar meloloskan diri dari hambatan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengatasinya, tetapi ia sering menyembunyikan rincian tepatnya dan mempertahankan suasana misteri dan ketegangan. Meskipun bergantung pada keterampilan teknis seperti keahlian membuka kunci, ia juga melakukan trik-trik seperti Metamorfosis dan Cina water torture cell, yang pada dasarnya adalah ilusi tahap klasik yang bergantung pada alat peraga yang dirancang dengan cerdas. Munculnya Houdini's membantu untuk menentukan repertoar dasar escapology, termasuk melarikan diri dari borgol, gembok, straitjackets, dan sel-sel penjara.


Istilah sebenarnya 'escapology' yang terkenal awalnya telah diciptakan oleh escapologist Australia dan illusionist Murray (Norman Murray Walters), seorang Houdini kontemporer.

Sejumlah pemain telah menambahkan ide-ide baru dan menciptakan variasi pada stunts tua, tetapi bahkan untuk Common kontemporer terbaik untuk escapologists dijuluki modern "houdinis"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar