Minggu, 30 Januari 2011

IMS Indonesia – Sekolah Sulap dengan lisensi internasional

Informasi yang sering ditanyakan oleh anda sekalian terjawab sudah dengan Launching Pertama hadir sekolah sulap online di Indonesia pada tanggal 22 Januari 2011 pukul14.00-17.00 di danau agung 2 blok da 1 no 3 sunter podomoro, Jakarta.

imsindo 300x86 IMS Indonesia   Sekolah Sulap dengan lisensi internasional
 IMS Indo

Berikut sedikit cuplikan dari website resminya di www.imsindo.com sebagai berikut:

“Sebagai perwakilan IMS Internasional di Indonesia, IMS Indonesia memiliki tujuan yang sama untuk melestarikan sulap di dunia. IMS Indonesia diberi kepercayaan untuk menjadi wadah untuk belajar sulap dari yang sekedar hobi sampai profesional. Diharapkan dengan adanya wadah ini semakin banyak orang yang ingin belajar sulap. IMS menyediakan wadah untuk belajar langkah demi langkah sehingga seseorang mendapatkan dasar yang kuat dalam bermain sulap.

Silahkan kontak langsung baik melalui website atau hubungi:
Secretariat Officer
Jl.Danau Agung 2 blok DA 1 no.3,
Sunter Jakarta 14350

Phone :
+62 856 872 5308  (Charles Johannes)
+62 812 236 0901  (Adri)
+62 819 146 068 09 (Carl)
Selengkapnya...

Selasa, 25 Januari 2011

MAGIC IS ATTITUDE


“Magic Is Attitude”
What Is Attitude..?

Dalam beberapa seminar, banyak peserta menanyakan  tentang kunci–kunci utama untuk mencapai kesuksesan. Setelah memikirkanya secara mendalam, membaca ratusan buku motivasi, melihat dan mempelajari kehidupan orang-orang sukses. Ada beberapa kata yang merefleksikan kunci–kunci utama menuju sukses, dan kata yang pertama adalah LUCK (Nasib). Unsur ini paling sering diucapkan orang sebagai jalan pintas (Short cut) mencapai sukses. Apakah anda setuju jika LUCK merupakan factor yang paling menentukan keberhasilan seseorang ? marilah kita sedikit bermain dengan huruf abjad.


Cobalah tulis di selembar kertas urutan abjad mulai dari A hingga Z. kemudian, Anda tuliskan angka yang merepresentasikan nilai dari masing–masing abjad. misalnya, A=1; B = 2; C = 3; …..Z = 26. nah sekarang, untuk kata LUCK jumlahkanlah nilai dari masing–masing hurufnya. sekarang kita beralih ke kata kedua yang merupakan kunci mencapai kesuksesan, yaitu KNOWLEDGE (pengetahuan). Apakah Anda setuju bahwa faktor ini merupakan faktor paling menentukan keberhasilan seseorang. Kata selanjutnya adalah kata yang paling sering ditekankan oleh para orang tua dalam menasehati anak–anaknya untuk mencapai kesuksesan, dan kata tersebut adalah HARDWORK (Kerja keras). seseorang tentu bisa mencapai kesuksesan jika ia mau bekerja keras. Apakah Anda setuju bahwa faktor ini merupakan faktor yang terpenting menuju sukses.


Sekarang bandingkan jawaban Anda dengan kata ATTITUDE (sikap). Menurut saya, attitude merupakan pondasi terpenting yang menentukan tingkat keberhasilan seseorang. Sekarang, hitunglah nilai dari ATTITUDE. berapa anda dapat ? Tepat sekali ! 100% Artinya, attitude memang merupakan faktor terpenting dalam mencapai kesuksesan seseorang. Ini memang sebuah permainan kecil berupa huruf–huruf abjad, tetapi dalam kehidupan ini, kenyataannya, keberuntungan, nasib, kepandaian, pengetahuan, dan kerja keras tidak sebanding dengan pentingnya attitude sebagai the magic word ! fondasi kesuksesan, dengan demikian, sangat ditentukan oleh attitude.


Pernahkah Anda memikirkan mengapa seseorang, suatu organisasi, suatu perusahaan bahkan suatu Negara jauh lebih sukses dibandingkan yang lainnya ? Apa yang jadi faktor paling utama dan pertama dalam membedakan hal ini ? Jawabnya adalah attitude! Ini bukanlah suatu rahasia. Denga attitude yang positif, Anda akan lebih mudah mencapai keberhasilan.


Saya yakin, setelah membaca beberapa kalimat tadi, Anda mendapatkan gambaran yang semakin jelas tentang definisi attitude sebagai "cara pandang seseorang dalam melihat suatu keadaan". Ada pula yang mendefenisikan attitude sebagai "sikap hidup seseorang". Apa pun definisi anda tentang attitude, sesungguhnya ia merupakan "jendela"Anda terhadap Dunia luar. Sebagaimana yang dikatakan oleh jeff keller ,"Attitude is your window to the word" (attitude adalah jendela Anda terhadap dunia). Dalam kehidupan, kita harus bertanggung jawab terhadap "jendela" yang kita miliki. "jendela" tersebut bisa bersih, tetapi bisa juga berdebu, kotor, bahkan berlumpur. Anda sendiri yang bertanggung jawab terhadap "jendela" Anda . "jendela" yang kotor disebabkan karena pemiliknya selalu mendominasi hidupnya dengan attitude yang negatif sehingga tidak mampu melihat setiap persoalan dengan jernih. Dalam hidup ini, Anda dapat memilih untuk mendominasi hidup anda dengan positive attitude atau dengan negative attitude. It's your choise!


Jika ditilik dari sudut pandang attitude, kita mungkin dapat menjawab pertanyaan besar dalam hidup ini tentang begitu banyak ironi dalam kehidupan. Sebagai contoh, kita pernah melihat seorang yang dilahirkan dengan cacat pada tubuhnya, atau dilahirkan dari keluarga yang sangat miskin, atau seorang yang tidak dibekali ilmu pengetahuaan yang cukup bahkan dituding memiliki "IQ jongkok", tetapi justru di dalam perjalanan hidupnya ia mampu menjadi orang yang terkenal dan sukses. Di sisi lain, ada juga orang–orang yang di lahir kan dari keluarga yang mampu, diberikan sekolah yang tinggi bahkan menjadi murid yang pintar pada saat sekolah, memiliki tubuh sempurna, tetapi dalam perjalanan hidupnya justru malah menjadi pecundang atau justru menjadi sampah masyarakat.


Bagaimana fenomena ini bisa terjadi ? jawabannya terletak dari dua kata, yaitu CAN (kemampuan) dan WILL (kemauan). banyak orang yang mempunyai kemampuan untuk mewujudkan sesuatu, tetapi tidak mempunyai kemauan karena sikap yang negatif. Seorang anak muda yang baru lulus dari program S2-nya, ketika terjun di bidang sales diminta untuk melakukan prospecting door-to-door. Secara kemampuan, ia adalah seorang yang mampu dalam kapasitasnya meyakinkan pelanggan. Namun, karena sikapnya yang merendahkan pekerjaan tersebut, ia tidak mau melakukannya dan tidak berhasil mendapatkan penjualan. Sebaiknya, seorang sales yang tidak memiliki kemampuan tetapi memiliki kemauan besar malah mampu melaksanakan tugas tersebut tanpa beban dan berhasil. Memang benar kemauan besar dapat mengalahkan kemampuan yang besar. Berhati–hatilah terhadap pilihan sikap Anda setiap hari.


Beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai Attitude (sikap) para pesulap (pekerja misteri) atau para pencinta, pemerhati seni sulap.


1. Magician Never Tell The Secret.

Seorang pesulap tidak pernah memberitahukan rahasia. jagalah rahasia trik anda dengan ketat dan jangan memberitahukan kepada siapapun. Seorang pesulap yang benar-benar menghargai trik sulap , akan mampu melestarikan rahasia trik tersebut ! Jika suatu trik sulap terbongkar , maka misteri di balik trik sulap tersebut akan hilang !Ingat...Sulap yang berharga adalah rahasianya. Berusahalah Untuk Menjaga Rahasia Jika berniat membuka rahasia permainan sulap, pikirkan dulu seribu kali. Akankah rahasia yang dibuka memberi manfaat positif bagi diri kita maupun orang lain? Apakah benar-benar harus membuka trik sulap yang dimainkan?

Mari bedakan antara membocorkan (membuka) trik (rahasia) sulap dengan menularkan (mengajarkan) ilmu sulap....


Pada dasarnya memberi tahu rahasia sulap sah-sah saja, sudah banyak buku tentang rahasia sulap, coba buka internet, hampir ribuan (situs, blog, account FB -baik perorangan atau group-) yang secara gamblang memberitahukan (membongkar) rahasia sulap, masuklah ke pusat-pusat perbelanjaan di Jakarta, nyaris di setiap pusat perbelanjaan itu terdapat toko sulap (bahkan kadang lebih dari 1 toko sulap, baik toko permanen atau yang hanya sekedar membuka counter tidak tetap) yang hanya dengan beberapa puluh ribu rupiah saja kita sudah dapat membeli alat sulap plus diajarkan cara memainkan alat sulap itu. namun akan lebih bijaksana apa bila saat kita membuka rahasia sulap (membongkar trik) di dasari motive atau alasan yang sangat kuat mengapa rahasia itu di buka...


Mask Magician (pesulap bertopeng) dengan alasan sosialisasi dan menyemarakan persulapan membuka rahasia sulap tingkat tinggi dalam program televisi yang dapat ditonton siapa saja, namun coba perhatikan setiap kali mask magician membuka rahasia sulap selalu di ikuti pesan dan nasehat terselubung tentang etika sulap dan pesulap...


Sedikit catatan kecil, jika kita ingin membuka rahasia sulap akan lebih baik apa bila sampaikan juga pemahaman tentang etika dan kode etik sulap dan persulapan....


"SAMPIKANLAH ILMU DENGAN BIJAKSANA" karena ilmu itu seperti mata pisau, pisau dapat digunakan untuk membantu mempermudah pekerjaan kita, namun pisau dapat juga digunakan untuk kejahatan (menodong bahkan membunuh) apa kita akan salahkan pisaunya apa bila pisau itu digunakan untuk kejahatan ? maka ajarkanlah cara menggunakan pisau yang baik dan benar dan bahayanya apa bila pisau itu disalahgunakan pungsinya... Apabila di gunakan untuk kebaikan maka baiklah ilmu itu, namun apa bila digunakan untuk keburukan maka buruklah ilmu itu walau ilmu itu sama dari sumber yang sama pula...


2. Never Play Twice.

Tidak menggulang trik yang sama dua kali untuk orang yang sama. Walaupun mereka terus mendesak. Jangan tergoda bila mereka berkata "ah, saya gak percaya, coba ulang lagi saya lihat!". Kalau perlu anda mainkan trik yang lain bila anda kebetulan menguasai beberapa trik. Jangan memenuhi permintan audience jika mereka menginginkan anda untuk mengulang trik yang baru saja anda mainkan ! Sebab sesungguhnya , mereka bukan ingin melihat kepiawaian anda dalam bermain sulap, melainkan mereka hanya ingin mengetahui triknya saja !

3. Train Hard.

Sebelum mempertunjukkan trik anda. ingat untuk latih, latih dan latih. Berlatihlah dengan teman anda sesama pesulap, berlatihlah didepan cermin. sampai anda benar-benar menguasai dan terlihat menakjubkan. dengan demikian baru boleh anda tampilkan. Sebab , jika anda tidak berlatih terlebih dahulu , maka , sama saja anda membuka rahasia trik sulap tersebut !

4. Respect Other and Support Each Other.

Bila kebetulan anda dan teman-teman sedang berkumpul dan seseorang atau mungkin seorang teman anda datang memainkan sebuah trik. Jangan mencoba membongkar triknya didepan umum sekalipun anda tahu rahasianya. Salinglah menghargai sesama pesulap. Menghargai sesama pesulap. Memberi aplaus kepada pesulap lain yang sedang mempertunjukan tricknya, dan tidak saling menjelekkan. Saling membantu sesama pesulap, apalagi untuk pemula. Hargailah Para Pekerja Misteri. Bagaimanapun, para pekerja misteri telah memberikan hiburan alternatif bagi kita. Para pesulap, trickmaster, maupun orang-orang yang bergerak di belakangnya telah melakukan pengorbanan yang tidak sedikit. Jika kita tidak mampu mengapresiasi mereka, lebih baik diam. Pikirkan seribu kali jika ingin melontarkan hinaan pada para pekerja misteri. Apakah kita lebih baik dari mereka? Apakah kita bisa menampilkan pertunjukan sulap yang lebih berkualitas dari mereka? Apakah kita telah melakukan sesuatu yang lebih bermanfaat dari para pekerja misteri tersebut?

5. Self Control.

Mengontrol Diri tidak hanya dalam melakukan pertunjukan sulap, namun juga dalam berkata-kata, berkomentar, dan berpendapat. Jika kita merasa sebagai seorang pesulap atau pecinta sulap, kontrol setiap kata yang terucap dari mulut saat berkomentar tentang pertunjukan sulap, rahasia sulap, atau pesulap lainnya. Berikanlah pujian atau aplaus bila merasa senang atau terhibur. Jangan segan pula untuk memberikan kritik jika menemukan suatu hal yang kurang berkenan di hati. Satu hal yang harus diingat dalam memberikan kritik : Pastikan bahwa kritik benar-benar membangun, bukan sekadar luapan emosi sesaat yang diikuti dengan banyak kata-kata hinaan. Jika ingin mengontrol pikiran orang lain, kita harus bisa mengontrol diri kita terlebih dahulu.

6. Not For Sex Or Criminal.

Tetaplah jaga image anda. Sulap adalah untuk menghibur. Membuat orang terkagum. Jangan gunakan sulap untuk kepentingan lain. Untuk menggoda wanita atau pelecehan. Banyak pesulap kenamaan seperti itu, sengaja bermain sulap didepan wanita cantik demi untuk memegang tangan, pundak, itu adalah pelecehan. Bila harus bersentuhan usahakan sejenis, bila tidak ada, lakukan dengan profesional. Anda adalah penghibur sejati. Sebab banyak orang suka pada keajaiban. sekali lagi sulap bukan untuk pelecehan seksual. Jangan juga mencuri bila anda menguasai teknik steal atau hipnosis. Gunakan Ilmu Sulap yang Dipelajari Untuk Kebaikan, ini adalah landasan dasar dari setiap ilmu yang kita pelajari. Gunakanlah ilmu sulap yang kita pelajari untuk menghibur orang, bukan untuk merusak sebuah show atau menghancurkan nama baik pesulap lainnya. Ingat, mengetahui sebuah trik sulap tidak berarti membuat anda mampu menampilkan sulap tersebut di atas panggung. Seorang yang mampu menampilkan satu pertunjukan sulap yang berkualitas jauh lebih baik dibandingkan orang yang membongkar seribu rahasia sulap.

7. Be Responsible, Please...

Bertanggung jawablah pada setiap trik yang dimainkan, setiap aksi panggung yang dilakukan, serta setiap kata yang diucapkan. Pelajari dengan cermat plus-minus serta risiko (fisik maupun non-fisik) yang akan kita dapatkan ketika memainkan sebuah trik. Lakukan secermat mungkin, sehingga tidak ada penonton yang merasa dibodohi, disakiti hatinya, ataupun merasa terhina oleh pertunjukan sulap kita. Ingat, tujuan menampilkan sebuah pertunjukan sulap adalah untuk menghibur audiens, bukan untuk menunjukkan bahwa diri kita yang paling hebat.

8. Quit Quickly.

Kebetulan saat anda menunjukkan trik sulap anda, ada seorang yang selalu mengatakan hal-hal yang menjengkelkan, hal semacam dia tahu rahasianya, sesuatu yang akan meruntuhkan magnet kekaguman anda. Segera sudahi permainan anda. Percayalah banyak orang seperti ini... Bagi para Magician yang pernah merasa terbongkar triknya, terhina, ataupun sakit hati... Berbahagialah, para pekerja misteri, yang pernah dihina, dibongkar triknya, dan disakiti hatinya dengan berbagai komentar yang tidak mengenakkan. Itu artinya anda telah menjadi "sesuatu" di mata orang lain. Makin tinggi pohon, makin kencang angin yang menerpanya. Jika anda adalah seseorang yang puas hanya berdiam diri di rumah tanpa mencoba berkreasi, tak akan ada orang lain yang mau bersusah-payah menjatuhkan anda.

Semua pesulap besar pernah mengalami hal ini. Mulai dari Harry Houdini, David Copperfield, David Blaine, Deddy Corbuzier, Romi Rafael, Joe Sandy. Kuncinya hanya satu : TETAP BERKARYA. Terbukti, magician-magician yang disebutkan tadi hingga kini tetap eksis, bahkan melegenda. Tapi apa yang terjadi dengan orang-orang yang merendahkan, menghina, dan menjelek-jelekkan? Tak satupun yang terdengar gaungnya...


Intinya, jika memang ingin menjadi pekerja misteri ataupun hanya sekadar penikmat sulap; gunakanlah akal dan hati nurani dalam setiap hal yang akan dilakukan. Jangan pernah melakukan hal-hal yang bertentangan dengan akal dan hati nurani.


Catatan kecil :

Mengetahui dan memahami rahasia sulap bukanlah segala-galanya dalam mempelajari ilmu sulap, mempelajari rahasia sulap baru 5 % dari ilmu sulap itu sendiri yang 95 % adalah ilmu tentang mempertunjukan sulap sebagai hiburan (make to performance), setelah dapat membawakan sulap sebagai hiburan, pesulap yang ingin menjadikan sulap sebagai profesi dituntut pula memahami cara menjual (me-management) keahliannya kepada khalayak ramai (public) sehingga sulap bukan hanya dihidupi namun bisa pula menghidupi pesulap... 
 
source : http://magicianshares.blogspot.com/2009_05_01_archive.html
Selengkapnya...

MENTALISM METODE MENYELESAIKAN MASALAH


Mentalism adalah salah satu seni dengan berbagai kompleksitas di dalamnya. Seorang mentalist yang sangat menguasai bidangnya tidak hanya mampu menggunakan ilmunya untuk menghibur audiens, namun mentalism dapat pula dijadikan metode atau cara menyelesikan masalahnya.

1. Control yourself...

Seorang mentalis sejati memang harus mampu mengontrol pikiran, hati, dan lidahnya sebelum ia belajar memanipulasi dan membaca pikiran orang lain. Jika seorang mentalis belum bisa mengenali dan mengendalikan diri sendiri, jangan harap mampu menguasai pikiran orang lain.
Yang pertama dilakukan adalah menjawab masalah yang dihadapi selogis mungkin. menghadapi semua masalah itu dengan kepala dingin. Argumen-argumen yang keluarkan sangat logis dan santun, sangat jauh dari kesan berapi-api atau emosional.

2. Use your brain

Jika sudah bisa menguasai diri sendiri, maka bisa mengoptimalkan otak dan akal sehat untuk menyelesaikan masalah. Di saat berbagai tekanan menghimpit, seorang mentalis mungkin akan menutup mata, telinga, hidung, dan indra perasanya; namun, ia tak akan pernah membiarkan otaknya berhenti bekerja. Itulah yang mengakibatkan seorang Mentalis tetap bisa melakukan berbagai aktivitas magic (contoh : mengendarai kendaraan, menyelamatkan korban, berlomba dengan waktu, dan sebagainya) walaupun matanya ditutup oleh blindfold.

3. Being a gentleman

Ketika menyadari bahwa telah melakukan suatu kesalahan ataupun membuat orang lain terluka, jangan pernah ragu untuk meminta maaf. Ketika meminta maaf, sebenarnya telah satu langkah lebih dekat untuk menyelesaikan masalah. Masalah akan terasa jauh lebih ringan, beban berat terangkat, dan segala kekusutan akan terurai. Jangan pernah ragu untuk meminta ataupun memberi maaf.

4. Konsisten

Saat sedang mengejar mimpi dan tiba-tiba menemui sebuah rintangan, apa yang akan dilakukan? Apakah akan berbalik mundur dan bersembunyi di sebuah lubang ? Maka, jika memiliki sebuah mimpi, jangan pernah berhenti untuk menggapai mimpi itu. Tetap konsisten untuk memperjuangkan mimpi, dan jangan pernah gentar untuk menghadapi rintangan seberat apapun.

Tujuan saya menulis artikel ini adalah untuk menunjukkan bahwa mentalism bukan hanya sebuah hiburan, namun juga suatu metode yang dapat digunakan untuk menghadapi kehidupan. Jadi, jika merasa seorang mentalis sejati, selesaikan setiap permasalahan yang dihadapi dengan jalan pikiran seorang mentalis. Selengkapnya...

About Illusionist

 
Istilah "Magic" secara etimologis berasal dari kata Latin Majus. Performances sekarang kita akan mengenali sebagai menyihir mungkin telah dilakukan sepanjang sejarah. Tingkat yang sama kecerdikan yang digunakan untuk menghasilkan tipuan kuno yang terkenal seperti Trojan Horse juga telah digunakan untuk hiburan, atau paling tidak untuk kecurangan dalam permainan uang, sejak jaman dahulu. Mereka juga digunakan oleh berbagai agama dari zaman kuno, dan bahkan dikenal jauh ke belakang pada awal abad ke-17 yang akan digunakan untuk menakut-nakuti populi tidak berpendidikan. Namun, profesi yang illusionist kekuatan yang diperoleh hanya dalam abad kedelapan belas, dan telah menikmati beberapa vogues populer.

Efek dalam kinerja sulap (penyulapan atau Léger de utama), penyesatan, penipuan, kolusi dengan audiens, aparatur dengan mekanisme tersembunyi, cermin, dan tipu daya lainnya (maka ilusi yang biasa disebut sebagai "trik "). Para pemain berusaha untuk menyajikan sebuah efek yang penonton anggap mustahil, bahkan pada pertimbangan. Rasa heran adalah bagian dari hiburan. Pada gilirannya, penonton dewasa memainkan peran di mana mereka setuju untuk menjadi terhibur oleh sesuatu yang mereka ketahui sebagai suatu penipuan. Houdini memperoleh kepercayaan dari khalayak dengan menggunakan pengetahuannya tentang ilusi untuk menghilangkan prasangka penipu, sebuah tradisi dilanjutkan oleh para penyihir seperti James Randi, Arthur Ellison, PC Sorcar, dan Penn dan Teller.


Keajaiban menunjukkan untuk sebagian besar abad ke-20 ini terpinggirkan di Amerika Utara sebagai hiburan sebagian besar anak-anak. Sebuah kebangkitan dimulai dengan Doug Henning, yang membangun kembali pertunjukan sulap sebagai bentuk hiburan massal dengan tampilan khas yang menolak stereotip tua dan rasa bersemangat kecakapan memainkan pertunjukan yang menjadi populer di atas panggung dan televisi spesial.


Hari ini, seni adalah menikmati vogue, didorong oleh sejumlah pemain sangat sukses. David Blaine's pertunjukan yang lebih kombinasi gaya Houdini melarikan diri trik dan ketahanan fisik menampilkan ilusi sihir daripada dilakukan oleh orang lain. Pertengahan abad kedua puluh melihat sihir mengubah dalam berbagai aspek. Beberapa artis memilih untuk merenovasi kerajinan di atas panggung (seperti The Mentalizer Show di Times Square yang bercampur tema-tema spiritualitas dan Kabbalah dengan seni sihir). Lain berhasil membuat transisi ke TV, yang membuka peluang baru untuk tipuan, dan membawa pelaku ke khalayak besar. Kebanyakan TV penyihir melakukan sebelum penonton, yang menyediakan remote penampil dengan kepastian bahwa ilusi yang tidak diperoleh dengan pasca produksi efek visual.


Banyak dari prinsip-prinsip sihir tua. Ada sebuah ungkapan, "itu semua dilakukan dengan asap dan cermin", digunakan untuk menjelaskan sesuatu yang membingungkan, tetapi jarang digunakan efek cermin hari ini, karena jumlah pekerjaan dan menginstal kesulitan transportasi. Sebagai contoh, yang terkenal Pepper's Ghost, ilusi panggung pertama kali digunakan pada abad ke-19 London, diperlukan sebuah teater yang dibangun khusus. Artis modern telah lenyap benda sama besar dengan Taj Mahal, Patung Liberty, dan pesawat ulang-alik, menggunakan optik jenis lain penipuan.


Ada diskusi di antara para penyihir mengenai bagaimana efek tertentu yang akan dikategorikan, dan ketidaksepakatan mengenai kategori apa yang benar-benar ada - misalnya, beberapa penyihir mempertimbangkan "penetrasi" untuk kategori terpisah, sementara yang lain menganggap penetrasi suatu bentuk restorasi atau teleportasi. Hal ini umumnya sepakat bahwa ada sangat sedikit berbagai jenis efek. Telah ada perbedaan pendapat antara beberapa penyihir (seperti Dariel Fitzkee, Harlan Tarbell, SH Sharpe) mengenai bagaimana berbagai jenis ilusi ada. Beberapa di antaranya tercantum di bawah ini.


* Produksi Si penyihir menghasilkan sesuatu dari apa-apa-kelinci dari topi kosong, penggemar kartu dari udara tipis, mandi koin dari ember yang kosong, atau penyihir itu sendiri, yang muncul dalam kepulan asap di panggung yang kosong -- semua efek ini adalah produksi.


* Vanishing Si penyihir membuat sesuatu yang menghilang-koin, kandang merpati, susu dari sebuah surat kabar, seorang asisten dari lemari, atau bahkan Patung Liberty. Seorang menghilang, menjadi kebalikan dari produksi, dapat menggunakan teknik yang sama, di sebaliknya.


* Transformasi Si penyihir mengubah sesuatu dari satu negara ke lain-saputangan sutra berubah warna, seorang wanita berubah menjadi harimau, kartu yang acuh tak acuh perubahan pada kartu yang dipilih penonton. Sebuah transformasi dapat dilihat sebagai kombinasi dari menghilang dan produksi.


* Restorasi Si penyihir menghancurkan sebuah objek, kemudian mengembalikan kembali ke keadaan semula-tali dipotong, koran terluka, seorang wanita gergajian menjadi dua, yang meminjam arloji yang hancur berkeping-keping-maka mereka semua dikembalikan ke semula menyatakan.


* Teleportasi Si penyihir menyebabkan sesuatu untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain-cincin pinjaman ditemukan di dalam bola wol, burung kenari di dalam bola lampu, asisten dari lemari ke belakang teater. Ketika dua benda pertukaran tempat, itu disebut transposisi: secara simultan, teleportasi ganda.


* Escapology: Si penyihir (seorang asisten dapat berpartisipasi, tapi penyihir sendiri sejauh ini yang paling umum) diletakkan dalam sebuah perangkat menahan (yakni borgol atau jaket) atau jebakan maut, dan melarikan diri ke tempat aman. Contohnya termasuk yang dimasukkan ke dalam jaket dan ke dalam tangki air melimpah, dan menjadi diikat dan ditempatkan dalam sebuah mobil yang dikirim melalui mobil crusher.


* Levitation Si penyihir menentang gravitasi, baik dengan membuat sesuatu mengambang di udara, atau dengan bantuan objek lain (suspensi)-sebuah bola perak mengapung di sekitar kain, asisten mengapung di udara, yang lain tergantung dari sapu, syal tarian dalam botol tertutup, si penyihir melayang beberapa inci dari lantai. Ada banyak cara yang populer untuk menciptakan ilusi ini bahkan penyihir sendiri sedang levitated.

* Penetrasi Para penyihir membuat benda padat melewati-lain seperangkat cincin baja link dan link, lilin menembus lengan, pedang melewati seorang asisten dalam keranjang, sebuah tempat garam menembus atas meja, seorang laki-laki berjalan melalui cermin . Kadang-kadang disebut sebagai "solid-melalui-padat".

* Prediksi memprediksi Si penyihir pilihan penonton, atau hasil dari suatu peristiwa dalam keadaan tampaknya mustahil-koran utama diperkirakan, jumlah total uang receh di saku penonton, sebuah gambar yang digambar di batu tulis. Prediksi membentuk dasar bagi sebagian besar "pick-a-card" trik, di mana kartu acak yang dipilih, lalu mengungkapkan untuk diketahui oleh para pemain.


Banyak magis rutinitas menggunakan kombinasi efek. Sebagai contoh, dalam "cangkir dan bola" seorang penyihir dapat menggunakan menghilang, produksi, penetrasi, teleportations dan transformasi sebagai bagian dari satu presentasi.

source : http://archive.kaskus.us/thread/3009787 
Selengkapnya...

BAHASA NON VERBAL BAGI MENTALIST


Tentunya kita tahu bahwa suksesnya sebuah penampilan didasarkan pada 55% bahasa non verbal dan 45% apa yang anda sampaikan secara verbal. Sedemikian dahsyatnya bahasa non verbal yang seringkali menghadirkan pernafsiran berbeda untuk yang melihatnya.

Lantas bagaimana pengaruh bahasa non verbal seorang mentalist terhadap kemampuan mempertunjukan keahliannya baik di panggung (stage) atau jarak dekat (close up) ?


Saat seorang mentalist tampil dia mengirimkan sejumlah sinyal berbeda kepada penonton. Sinyal yang paling nyata adalah komunikasi nonverbal, seperti penampilan, gerak fisik, dan perangainya. Mentalist mengirimkan pesan kepada para audiens melalui perilaku dan gerakan bawah sadarnya. Itu sebabnya seorang mentalist harus mengatur bahasa tubuh sebaik-baiknya. Tanpa disadari, penonton akan menjadi terdiam memandang mentalist di atas panggung diiringi rasa penasaran. Mungkin saja mereka sedang menilai apa yang dipertunjukan dalam sikap diam mereka. Tapi, seorang mentalist tak perlu takut atau gugup menghadapinya.


Komunikasi non verbal adalah proses komunikasi dimana pesan disampaikan tidak menggunakan kata-kata. Contoh komunikasi non verbal ialah menggunakan gerak isyarat, bahasa tubuh, ekspresi wajah dan kontak mata, penggunaan objek seperti pakaian, potongan rambut, dan sebagainya, simbol-simbol, serta cara berbicara seperti intonasi, penekanan, kualitas suara, gaya emosi, dan gaya berbicara.


Para ahli di bidang komunikasi nonverbal biasanya menggunakan definisi "tidak menggunakan kata" dengan ketat, dan tidak menyamakan komunikasi non verbal dengan komunikasi non lisan. Contohnya, bahasa isyarat dan tulisan tidak dianggap sebagai komunikasi non verbal karena menggunakan kata, sedangkan intonasi dan gaya berbicara tergolong sebagai komunikasi non verbal. Komunikasi non verbal juga berbeda dengan komunikasi bawah sadar, yang dapat berupa komunikasi verbal ataupun non verbal.


Jenis-jenis komunikasi non verbal yang dapat dilakukan mentalist saat mempertunjukan aksinya :


Komunikasi objek


Komunikasi objek yang paling umum adalah penggunaan rias (make up) dan pakaian (costum/wordrop) . Orang sering dinilai dari penataan penampilan wajah dan jenis pakaian yang digunakannya, walaupun ini dianggap termasuk salah satu bentuk stereotipe. Misalnya seorang mentalist identik seperti layaknya pesulap yang lain menggunakan pakaian berwarna hitam. Seorang mentalist kadang menggunakan riasan tertentu untuk menguatkan karakternya saat sang mentalist mempertunjukan keahliannya.


Sentuhan


Haptik adalah bidang yang mempelajari sentuhan sebagai komunikasi non verbal. Sentuhan dapat termasuk: bersalaman, menggenggam tangan, berciuman, sentuhan di punggung, mengelus-elus, pukulan, dan lain-lain. Masing-masing bentuk komunikasi ini menyampaikan pesan tentang tujuan atau perasaan dari sang penyentuh. Sentuhan juga dapat menyebabkan suatu perasaan pada sang penerima sentuhan, baik positif ataupun negative. Tehnik sentuhan ini banyak digunakan oleh para mentalist dalam menyugesti audience pertunjukannya karenan tehnik ini sangat akurat dan efektif.


Kronemik


Kronemik adalah bidang yang mempelajari penggunaan waktu dalam komunikasi non verbal. Penggunaan waktu dalam komunikasi non verbal meliputi durasi yang dianggap cocok bagi suatu aktivitas, banyaknya aktivitas yang dianggap patut dilakukan dalam jangka waktu tertentu, serta ketepatan waktu (punctuality). Sebuah efeck mentalist akan terasa menjenuhkan apa bila sang mentalist tidak akurat memperkirakan waktu untuk mempertunjukan efecknya itu.


Gerakan tubuh


Dalam komunikasi non verbal, kinesik atau gerakan tubuh meliputi kontak mata, ekspresi wajah, isyarat, dan sikap tubuh. Gerakan tubuh biasanya digunakan untuk menggantikan suatu kata atau frase, misalnya mengangguk untuk mengatakan ya; untuk mengilustrasikan atau menjelaskan sesuatu; menunjukkan perasaan, misalnya memukul meja untuk menunjukkan kemarahan; untuk mengatur atau mengendalikan jalannya percakapan; atau untuk melepaskan ketegangan. Gerakan tubuh ini juga banyak digunakan oleh para mentalis menjadi salah satu rahasia efeck mentalistnya. Beberapa mentalis profesional mengadakan latihan tersendiri dengan disiplin yang sangat ketat dalam rangka mengolah tubuhnya agar mendukung segala pertunjukan mentalistnya. Jangan heran apa bila seorang mentalis tenyata belajar menari atau belajar salah satu canang bela diri.


Proxemik


Proxemik atau bahasa ruang, yaitu jarak yang mentalist gunakan ketika berkomunikasi dengan audiance, termasuk juga tempat atau lokasi posisi mentalist berada atau berdiri. Pengaturan jarak menentukan seberapa jauh atau seberapa dekat tingkat keakraban mentalist dengan audiance, menunjukkan seberapa besar penghargaan, suka atau tidak suka dan perhatian audiance terhadap sang mentalist, selain itu juga menunjukkan simbol sosial. Dalam ruang personal, dapat dibedakan menjadi 4 ruang interpersonal :

• Jarak intim
Jarak dari mulai bersentuhan sampai jarak satu setengah kaki. Biasanya jarak ini untuk bercinta, melindungi, dan menyenangkan.
• Jarak personal
Jarak yang menunjukkan perasaan masing - masing pihak yang berkomunikasi dan juga menunjukkan keakraban dalam suatu hubungan, jarak ini berkisar antara satu setengah kaki sampai empat kaki.
• Jarak sosial
Dalam jarak ini pembicara menyadari betul kehadiran orang lain, karena itu dalam jarak ini pembicara berusaha tidak mengganggu dan menekan orang lain, keberadaannya terlihat dari pengaturan jarak antara empat kaki hingga dua belas kaki.
• Jarak publik
Jarak publik yakni berkisar antara dua belas kaki sampai tak terhingga.

Vokalik


Vokalik atau paralanguage adalah unsur nonverbal dalam suatu ucapan, yaitu cara berbicara. Ilmu yang mempelajari hal ini disebut paralinguistik. Contohnya adalah nada bicara, nada suara, keras atau lemahnya suara, kecepatan berbicara, kualitas suara, intonasi, dan lain-lain. Selain itu, penggunaan suara-suara pengisi seperti "mm", "e", "o", "um", saat berbicara juga tergolong unsur vokalik, dan dalam komunikasi yang baik hal-hal seperti ini harus dihindari. Seperti hal nya tubuh para mentalist juga melatih kemampuan vokalnya secara khusus dengan disiplin yang sangat ketat dalam rangka mengolah vokalnya agar mendukung segala pertunjukan mentalistnya.


Lingkungan


Lingkungan juga dapat digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan tertentu. Diantaranya adalah penggunaan ruang, jarak, temperatur, penerangan, dan warna.


Variasi budaya dalam komunikasi nonverbal


Budaya asal seseorang amat menentukan bagaimana orang tersebut berkomunikasi secara nonverbal. Perbedaan ini dapat meliputi perbedaan budaya Barat-Timur, budaya konteks tinggi dan konteks rendah, bahasa, dsb. Contohnya, orang dari budaya Oriental cenderung menghindari kontak mata langsung, sedangkan orang Timur Tengah, India dan Amerika Serikat biasanya menganggap kontak mata penting untuk menunjukkan keterpercayaan, dan orang yang menghindari kontak mata dianggap tidak dapat dipercaya. Sagat penting bagi seorang mentalis mengetahui budaya dan kebiasaan dimana dia mempertunjukan kebolehannya agar jangan sampai salah pengertian antara makna pertunjukan yang dibawakan mentalist dengan tanggapan audiencenya.
Selengkapnya...