Jumat, 19 November 2010

Memahami Hypnotic Birthing

HypnoBirthing, Melahirkan Tanpa Rasa SakitPernahkah kaki atau tangan Anda tergores sesuatu hingga berdarah, tetapi Anda tidak merasa sakit karena Anda tidak menyadarinya, dan Anda baru merasakan sakit setelah mengetahui adanya luka di tubuh Anda. Atau mungkin Anda pernah mengalami kejadian ini: Anda sedang fokus menonton film atau membaca buku, sehingga Anda tidak merasakan adanya nyamuk yang menggigit Anda. Tahu-tahu nyamuk tersebut sudah banyak menyedot darah Anda.
 
Sebenarnya kedua peristiwa tersebut menunjukkan kemampuan alami manusia untuk “tidak merasakan sakit”. Hanya saja umumnya kita belum tahu bagaimana cara memunculkan kemampuan itu dengan sengaja untuk tujuan yang serius.
 
Kemampuan alami manusia untuk tidak merasakan sakit - disebut Anestesi Mental - bisa dimunculkan dengan bantuan hipnotis. Jauh sebelum manusia menemukan anestesi, manusia sudah mengenal hipnotis yang bisa digunakan untuk menghilangkan rasa sakit. Dalam dunia kedokteran dikenal James Esdaile (1808 - 1859), seorang Dokter Bedah Inggris yang menjadi pelopor penggunaan hipnotis dalam dunia medis.  Dia mendokumentasikan 300 operasi besar dan ribuan operasi kecil tanpa rasa sakit tanpa anestesi kimia.
 
Hypnotic Birthing adalah sebuah persiapan mental sebelum melahirkan normal. Anda akan belajar cara mempersiapkan pasien (ibu hamil) agar dia bisa melahirkan normal tanpa rasa sakit. Hypnotic Birthing bisa dimulai sejak usia kandungan 5 bulan ke atas. Bisa dilakukan secara privat dengan seorang pasien Anda atau bersama-sama dengan banyak ibu hamil sekaligus. Hypnotic Birthing biasanya hanya membutuhkan dua kali pertemuan, sekali pertemuan satu jam. Setelah itu, pasien Anda siap melahirkan tanpa rasa sakit.
 
Menurut hukum fisiologi, semua fungsi tubuh yang alami seharusnya bisa dicapai tanpa resiko atau rasa sakit. Melahirkan adalah suatu fungsi tubuh yang alami. Bagi wanita yang sehat dan bayi yang normal, seharusnya bisa melahirkan dengan alami tanpa rasa sakit. Namun karena sebagian besar wanita yang melahirkan merasa takut, cemas dan tegang, maka rasa sakit yang seharusnya tidak berarti itu menjadi terasa sangat berat.
 
Kalau seorang wanita bisa rileks dan tenang saat melahirkan, dia bukan hanya bisa melahirkan dengan lancar, dia juga tidak merasakan apapun. Hipnotis membantu ibu hamil untuk melalui persalinan dengan tenang dan memunculkan anestesi mental. Kelahiran yang normal dan tanpa rasa sakit tidak hanya berguna untuk ibu. Bayi yang dilahirkan juga mendapatkan keuntungan yang sangat besar karena dia bisa lahir tanpa “kekerasan”. Dengan kata lain, tidak ada trauma dalam proses kelahirannya. Sebuah penelitian membuktikan bahwa bayi yang lahir tanpa trauma memiliki IQ yang lebih tinggi, kesehatan lebih baik, rasa percaya diri yang tinggi, dan lebih sukes hidupnya.
 
Wanita di pedalaman Cina dan beberapa daerah di India bisa melahirkan dengan sangat mudah dan sama sekali tanpa rasa sakit. Wanita hamil di daerah itu yang sedang bekerja di sawah, kalau melahirkan hanya perlu berteduh di bawah pohon,  menggelar selendangnya, istirahat sebentar, dan melahirkan dengan begitu mudah tanpa bantuan siapapun. Bayi keluar bukan karena dorongan tapi karena kontraksi alami yang tidak menyakitkan. Setelah melahirkan, mereka cukup istirahat sejenak, sekitar 5 sampai 10 menit. Setelah itu mereka langsung bisa melakukan aktivitas seperti biasa. Mereka tidak merasakan sakit sedikitpun ketika melahirkan.
 
Mengapa mereka bisa seperti itu? Karena itulah realita persalinan yang dikenal oleh wanita di daerah tersebut. Mereka sama sekali tidak merasa takut karena tidak pernah ditakut-takuti. Sementara umumnya wanita modern dari kecil sudah “ditakut-takuti” bahwa melahirkan itu sangat menyakitkan. Hampir semua wanita masa kini pasti pernah mendengar hal itu dari orang tua, keluarga, teman, televisi atau media informasi lainnya. Dan karena begitu banyaknya orang mengatakan bahwa melahirkan itu menyakitkan, tanpa sadar wanita masa kini percaya bahwa mereka akan merasakan sakit ketika melahirkan. Hasilnya mereka menjadi takut dan tegang ketika akan melahirkan.

Rasa takut, kecemasan dan ketegangan ketika melahirkan bisa dihilangkan dengan hipnotis. Selain itu, hipnotis juga bisa memunculkan anestesi mental yang terbukti bisa menghilangkan rasa sakit tanpa obat bius. Sebenarnya teknik anestesi mental bisa diterapkan dalam banyak bidang kedokteran seperti untuk operasi kecil/besar tanpa anestesi kimia, menghilangkan nyeri kronis, cabut gigi, dan sebagainya. Dalam pelatihan 8 jam ini, kita hanya fokus membahas Hypnotic Birthing dan Khitan Tanpa Rasa Sakit sebagai materi tambahan.

source : masterhipnotis.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar