Kamis, 07 Oktober 2010

Interview with 7Spades, Komunitas Magician STAN


Selama ini, saya banyak mendapat pertanyaan tentang cara membagi waktu antara belajar dan bermain magic.  Rata-rata, pertanyaan tersebut berbunyi, "Bisakah kita menekuni magic tanpa meninggalkan pelajaran sekolah?"  Tentu saja bisa.  Sebagai bukti, kali ini Wikumagic akan menyajikan liputan tentang 7Spades, grup magician dari salah satu universitas terbaik di Indonesia, STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara).  

Wawancara saya lakukan beberapa waktu yang lalu dengan Dicky Priatama dan Ndra Noblezada, salah satu founder 7Spades via Facebook.

Berikut wawancaranya  :

Wikumagic (WM)  :  Bagaimana sejarah terbentuknya 7spade?


7Spades  (7S)  :  Mulanya dari hobi maen sulap aja, terus terbersit keinginan buat ngumpulin anak-anak di kampus STAN Bintaro yang punya hobi maen sulap juga, maka dibentuk grup di fb “STAN magician Community”. seiring berjalannya waktu makin banyak yg jadi member dari grup itu. Kita semua punya inisiatip buat ngadain 1st gath grup “STAN magician community” pada tanggal 23 januari 2010, akhirnya pada tanggal tersebut 7spade pun berdiri.


WM  :  Siapa saja anggota 7 Spades?



7S  :   7spade sebenernya terbuka buat siapa aja yang mau gabung, khususnya buat para elemen2 yang ada di kampus, mahasiswa,dosen,satpam,alumni,dsb. Tapi kebanyakan selama ini yang gabung ke 7spade Cuma mahasiswa2 aja.


WM  :  Apa sajakah pengalaman 7Spades dalam magic show?



7S  :  Pengalaman show 7spade masih sedikit soalnya ini komunitas baru di bentuk bulan Januari 2010 kemarin. Kebanyakan show masih di seputaran acara-acara kampus aja, jadi tamu undangan buat ngisi acara di acara2 kampus, pernah street magic juga di kota tua jakarta.
History :
~ Street Magic di acara Heritage and Organda Expo
~ IT EXPO STAN 2010
~ Pengisi acara di acara Spectrum Big Bazaar
~ Pengisi acara di Final Plasma in Accoustic (Plastic)
~ Tanggal 2 oktober mendatang kita ada undangan buat ngisi di acara reuni alumni STAN. Doain jadi ya..


WM  :  Selama ini, apa saja trik dan pengalaman 7Spades yang paling berkesan?



7S  :  Kalo trick yang paling berkesan sih sebenernya semuanya berkesan buat anak2 7spade, karena menurut kami bisa tampil di hadapan para mahasiswa laen di suatu acara kampus tuh dah keren banget. Tapi berdasarkan pengamatan, pengalaman show di kampus yang apresiasinya paling tinggi adalah waktu maen hipnotis di panggung.


WM  :  Ada tips/ pesan yang ingin dibagi ke sesama magician?
7S  :  Tips buat sesama magician adalah tetap menjaga teguh kode etik sebagai seorang magician, karena selama magician tetap menjaga kode etik selama itu juga orang-orang akan mengagumi magician tersebut.


WM  :  Berapa orang yang tergabung dalam 7Spades hingga saat ini?
7S  :  Kalo profil anggota 7spade sendiri ada banyak mas. yang tercatat di database aja ada kurang lebih 57 anggota.

WM  :  Last but not least, Banyak teman-teman yang mengalami kesulitan membagi waktu antara magic dan sekolah. Nah,7Spades kan termasuk mahasiswa univeritas favorit, bagaimana cara mengatasi hal ini?
7S  :  Sebnernya hal itu juga menjadi masalah buat kami sebagai mahasiswa dalam hal membagi waktu antara hobi maen sulap dengan kuliah.   Pada awalny anak-anak 7spade juga pada susah buat kumpul karena kesibukan masing-masing dan memang belum adanya jadwal tetap gathering rutin 7spade, akhirny kami berinisiatif buat menentukan satu hari dalam seminggu yaitu tepatnya malam sabtu buat kumpul rutin anggota 7spade dan di tiap kumpulnya ada beberapa trik yang diajarkan atau sekedar sharing trik jadi dengan ini diharapkan bagi teman-teman 7spade yang ga dateng waktu gathering tsb merasa rugi krena ga ngikutin gathering tersebut.  Kenapa yang dipilih adalah malam sabtu karena biasanya jadwal perkuliahan dari hari senin-jumat, jadi menurut kami malam sabtu adalah waktu yg tepat buat gathering rutin 7spade itung-itung refreshing setelah padatnya jadwal perkuliahan. Lamanya gath 7spade dimulai dari jam 19.00 s.d waktu yg ga bisa ditentukan. Pernah waktu itu 7spade gath sampe jam 12 malam karena mungkin begitu serunya suasana gath 7spade.  Jadi intinya, bagaimana caranya membagi waktu antara kuliah dan hobi maen sulap adalah sebenerny kesadaran dari diri individunya masing-masing. 7spade udah sediain waktu buat memperdalam ilmu sulap pada hari jumat malam sabtu satu hari dalam seminggu dan kami rasa waktu gath 7spade tersebut ga ganggu kuliah.


Nah, itulah wawancara dengan salah satu grup sulap di kalangan akademisi Indonesia.  Secara pribadi, saya salut pada kiprah 7Spades yang tetap bisa ikut ambil bagian dalam memajukan dunia sulap Indonesia di tengah sibuknya jadwal perkuliahan.  Maju terus dunia magic Indonesia! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar