Senin, 21 Maret 2011

Interview With Dui Montero, Maestro Magician



Pertama kali mendengar kata Dui Montero pasti yang terbayang adalah aksi manipulasi kartu yang mengagumkan dan spektakuler, Di suatu kesempatan sevenspade berhasil melakukan interview ekslusif dengan maestro Dui Montero via facebook, ternyata beliau adalah pribadi yang menyenangkan dan sangat peduli dengan perkembangan dunia sulap Indonesia, berikut kutipan interview nya :

Apa kabarnya kak Dui Montero? 
Udah lama ga nongol di TV kalo boleh tau apa Kesibukan saat ini?
"Baik..:) Kesibukan masih di dunia sulap, hanya saja..di belakang layar dulu hingga 2 tahun mendatang. Sebagai konsultan."


Bagaimana awal ketertarikan anda di dunia magic?
"Saya tertarik di dunia sulap karena ayah saya. Dia adalah bisnisman yg hobi sulap juga. Akhirnya saya diajarkan olehnya trik2 sulap close up. Dan ya aaa..hingga sampai saat ini...:)"


Dari mana anda mulai belajar sulap?apakah berguru ke luar negeri?
"Saya tidak pernah belajar ke luar negeri. Pertama saya belajar oleh ayah saya, lalu oleh Sekarlangit Saptohoedojo (Putra almarhum seniman Saptohoedojo). Lalu belajar melalui buku2 sulap luar dan video2 sulap."


Siapakah figur-figur yang paling menginspirasi anda dalam karir di dunia magic?
"Saya terinspirasi oleh Lance Burton (Master Magician)..David Copperfield..dan Siegfried & Roy."


Aliran sulap apakah yang paling anda tekuni hingga saat ini dan apakah trick favorit anda?
"Seperti halnya Lance Burton..saya menganut aliran Classic Magic. Dan trik favorit saya adalah...permainan manipulasi kartu."


Adakah tips yang anda berikan untuk teman-teman yang baru mendalami dunia sulap, agar bisa sukses seperti anda?
"Jika anda ingin menjadi seorang maestro sulap..,anda harus benar2 sering berlatih. Nahhh..dalam pertunjukan sulap, tidak hanya trik yg harus anda pelajari..,namun semua hal..! Seperti..koreografi, rutin, musik, kostum, dll. Dan minimal..,anda harus berlatih selama 10rb jam..untuk menjadi seorang maestro. Dalam hal apapun..untuk menjadi handal..anda hrs berlatih minimal 10rb jam. (3-5 thn)"


Bagaimana menurut anda prospek perkembangan dunia sulap di Indonesia ?
"Prospek dunia sulap di Indonesia..cukup menjanjikan. Kita ϐì§á lihat dimana2..sekarang banyak pesulap2 yg bermunculan. Itu menandakan bahwa di dalam dunia sulap..merka dapat hidup. Dan tentunya..anda harus lebih kreatif untuk membuat suatu hal2 yang baru."


Banyak teman-teman yang mengalami kesulitan membagi waktu antara magic dan aktivitas lain. Nah, bagaimana cara anda mengatasi hal ini?
"Sebenarnya..tidaklah terlalu sulit. Sama seperti anda makan tiap hari.., anda harus mandi setiap hari.., anda pergi ke sekolah tiap hari, anda apel ke tempat pacar, atau anda nongkrong bersama kawan2 di suatu tempat. Tinggal tambahkan saja kegiatan sulap itu diantaranya...:)"


Seiring berjalannya waktu maka banyak muncul juga pesulap2 baru di Indonesia, bgai mana anda menyingkapi munculnya pesulap2 baru tsb?
"Sebenarnya..dengan semakin banyaknya pesulap yg bermunculan..tentunya membuat lahan menjadi semakin sempit hahahaha., Itu tdk ϐì§á kita pungkiri. Tinggal saja..bagaimana kita mengemas konsep pertunjukkan kita berbeda dari para pesulap2 yg lain..:) Namun tentu saja, dalam persaingan ini..harus secara sehat..:)"
 

Menurut anda seberapa penting kah seorng pesulap menjaga "kode etik pesulap"?
"Kode etik adalah sebanding dengan harga diri kita. Jadi pasti anda sdh tahu..apa yg harus kita lakukan dng harga diri kita..? Karena jika kode etik telah dilanggar..itu berarti kita sdh ditelanjangi."



Boleh ga kak sedikit cerita kapan mulai karir profesional anda dan prestasi apa aja yang udah berhasil diraih?
"Saya pertama kali belajar sulap..pada saat umur 9 tahun. Dan pertama kali tampil (dengan bayaran)..itu pada saat umur 14 tahun (kelas 3 SMP). Dan bayaran saya waktu itu..Rp. 35rb..:) Dari setelah itu..saya banyak melakukan show2 di acara anak2 bahkan acara dewasa. Namun..saya merasa bahwa saya memulai karier profesional..pada tahun 1996..saat saya berumur 19thn. Karena pada waktu itu..saya sdh menggarap semua detail pertunjukan saya. Spt: Musik, koreografi, kostum. Dan bahkan saya sdh memiliki asisten, kru..dan manager..:)"
 
Prestasi saya:
"Honorary Ambasador Of Jogjakarta 2001 Presented By Sri Sultan Hamengku Buwono X."
"Guest Star Brunei Darusalam Independence Day 2001 Presented Sultan Halsanah Bolkiah."
"Best Indonesian Stage Magician By The Art Of Magic Competition 2007."
"Guest Star Bangkok Magic Extravaganza 2011."


Sebagai seorang magician masih ada gak rencana,obsesi atau cita-cita yang belum tercapai?
"Sebagai seorang pesulap..tentunya ingin meraih impian sebagai juara dunia..atau Juara FISM. Sebuah Olimpiade Sulap yg diadakan tiap 3 tahun. Dan sebagai seorang seniman..saya ingin mendirikan sekolah sulap yg benar2 memiliki kurikulum..dan sertifikat ijasah. Dan diakui di dalam maupun luar negeri..terutama Departemen Pendidikan dan Kebudayaan." 

Belakangan ini, banyak fenomena di kalangan pemuda yg belajar sulap hanya untuk menarik lawan jenisnya. istilah ini dikenal dengan sebutan gambit,  menurut pendapat seorang dui montero, apakah fenomena ini wajar?? belajar sulap hanya untuk motif tertentu seperti ini?sementara kita tahu bahwa tujuan bermain sulap adalah untuk menghibur?
"Kalo menurut saya..itu wajar2 aja. Karena sulap adalah..sesuatu yg dapat menambah kepercayaan diri. Dapat digunakan untuk menarik perhatian. Dapat pula untuk melobi. Atau..jika dalam suatu seminar..atau rapat2 kerja..atau sejenisnya, sulap dapat membuat suasana menjadi lebih rileks. Refreshing. Namun jika dng kelebihan2 tersebut, lalu digunakan sebagai hal2 yg negatif...itu tentu saja tidak boleh..! Sebagai contoh.., saya dapat berkenalan dengan istri saya saat ini, ya melalui trik sulap. Mungkin jika saya tidak pernah belajar sulap..., pada tahun 1999 di Bandara Soekarno Hatta..saya tidak akan pernah berkenalan dengan calon istri saya....:)"


Kesimpulan nya "Kode etik adalah sebanding dengan harga diri kita. Jadi pasti anda sdh tahu..apa yg harus kita lakukan dng harga diri kita..? Karena jika kode etik telah dilanggar..itu berarti kita sdh ditelanjangi."

Nah, itulah wawancara dengan Mestro magician Indonesia.  Secara pribadi, saya salut pada kiprah Dui Montero yang tetap bisa ikut ambil bagian dalam memajukan dunia sulap Indonesia di tengah  ramainnya kemunculan pesulap pesulap baru di Indonesia. 

Semoga sepenggal interview ini bisa memacu semangat serta bisa menjadi inspirasi buat magician lain.


Keep Magic

2 komentar:

  1. Pertama kali mendengar kata Dui Montero ga terbayang aksi manipulasi kartu yang mengagumkan dan spektakuler,malah terbayang dia adalah pembohong & berani menghabiskan uang orang yg memesan barang/alat sulap dengan dia,hati"lah itu bukan master sulap,tapi master plin-plan.

    BalasHapus
  2. oh jadi gitu... ga jadi belajar sama dia aja dah

    BalasHapus