Rabu, 23 Maret 2011

Interview With The Great Cahyo, Pesulap Indonesia Pertama yang Mendapatkan Merlin Award


Awalnya saya tidak mengenal magician berjuluk The Great Cahyo ini, di suatu ketika saat googling dan menemukan website yang membahas tentang Merlin award dan terdapat daftar-daftar magician yang sudah mendapatkan penghargaan tersebut. Perlu di ketahui bahwa Merlin award adalah penghargaan tertinggi dari organisasi International Magician Society untuk para magician dunia yang beprestasi di bidangnya. Di daftar tersebut tercantum sebuah nama magician yang berasal dari Indonesia, magician tersebut adalah Sucahyo Subhyakto. Beliau adalah Magician Indonesia pertama yang mendapatkan penghargaan tersebut sebelum Deddy Corbuzier dan Rizuki. Atas dasar tersebutlah SEVENSPADE ingin menggali informasi lebih banyak tentang beliau serta kisah perjalanan karir magiciannya. Akhirnya saya memutuskan melakukan Interview dengan beliau via FB, berikut kutipannya :

Bagaimana awal ketertarikan anda di dunia magic dan prestasi apa saja yang berhasil om raih sebagai seorang magician?
"Saya tertarik dg sulap setelah melihat rekan kerja ayah saya, dia seorang pesulap ternama di jaman itu (era 60 sampe 80 an). Beliau adalah alm. Max Gunawan. Saya sering melihat oom Max show di panggung dan kadang memperlihatkan sulap2 kecilnya tiap bertemu dan saya tertarik untuk belajar. pd saat itu saya berumur 12 thn ( kls 6 sd). Om Max mengajarkan sulap dengan sepenuh hati dan gratis ! 
Kalo soal prestasi susah dibilanglah....heheheheheh hhmm mungkin saya bisa temukan ide High Voltage Gimmick (belt system) yg udah dijual di luar negeri ratusan biji, saat itu saya kerja sama dgn Guy Bavli (Israel tapi skrg di US) sebagai agen tunggal saya.
Saya juga pernah punya theater ilusi di Bali , walaupun cuma berumur 9 bulan dan mehabiskan banyak sekali uang saya, sayang sekali merugi dan hrs dioperkan ke pihak lain. Dan Merlin Award 2009 (Best Bizarre Magician).
Saya juga sudah show di berbagai negara seperti China (Beijing, Chengdu), Malaysia (Kuala Lumpur, Subang, Malaka), Turkey, Philipina (Davao), Thailand (di hampir semua provinsi)." 

Dari mana anda mulai belajar sulap? apakah berguru ke luar negeri? 
 
"Dari Max Gunawan, th 83 an, juga bbrp guru saya yg saya anggap luar biasa, beliau2 ini tdk hanya mengajarka saya sulap tetapi mengajarkan saya kehidupan, adalah Bung Dino dan Bung Densu yg semuanya udah almh. juga. Saya msh merindukan mereka mebayangkan bia bertemu mrk dan menunjukan sulap2 saya ke mrk. hahahaha"
 
Siapakah figur-figur yang paling menginspirasi anda dalam karir di dunia magic?

"Max, Dino Densu dan semua pesulap yg pernah saya lihat melalui lgsg ataupun TV dan saya kagum mrk."

Aliran sulap apakah yang paling anda tekuni hingga saat ini dan apakah trick favorit anda?

 
"Saya suka Bizarre, krn bizarre membuat penonton berpikir saya benar2 bisa melakukan itu dg tanpa tipuan, mrk bingung apakah ini suatu tipuan sulap atau bukan sehingga mereka sudah tdk lagi menebak bagaimana rahasianya . hahahha" 

Adakah tips yang anda berikan untuk teman-teman yang baru mendalami dunia sulap, agar bisa sukses seperti anda? 
"Bukalah wawasan (buka telinga, buka mata), bikin  networking sebyk mungkin dan JANGAN SOMBONG, belajar lah dari siapa saja bergaulah dgengan siap saja. Anda akan belajar banyak. Hampir 30 th saya main sulap, masih saja heran melihat pertunjukan sulap lain. Kita tdk akan pernah bisa habis dalam belajar sulap !"
 
Bagaimana menurut anda prospek perkembangan dunia sulap di Indonesia ?

"Sangat baik. Baik dalam hal kita sebagai pelakunya ataupun image sulap di mata masyarakat. Berkat banyaknya show sulap di TV." 

Banyak teman-teman yang mengalami kesulitan membagi waktu antara magic dan aktivitas lain. Nah, bagaimana cara anda mengatasi hal ini?
"Saya adalah termasuk orang yg semau gue dalam waktu, saya tdk terlalu suka dg nsesuatu yg terjadwal. Saya akan lakukan pada saat itu mana yg lagi saya ingin lakukan dan mana yg saya lagi malas lakukan saya tdk akan lakukan. hehehehehehehe.
Ini kebiasaan buruk ya....." 

Seiring berjalannya waktu maka banyak muncul juga pesulap2 baru di Indonesia, bgai mana anda menyingkapi munculnya pesulap2 baru tsb?
"Makin banyak makin bagus. tdk ada yg perlu dikhwatirkan."

Om cahyo tercatat sebagai  magician pertama yang mendapat penghargaan dari IMS, betul? kalo boleh tau penghargaan dalam kategori apa om? 
"Merlin Award  best bizarre magic ."


Suka Duka jadi pesulap?
"Byk sukanya.  tapi pernah saya dulu bermain dgn sangat jeleknya sehingga klien saya tdk mau bayar !!! Ini benar2 terjadi.  Tapi saya punya byk sekali teman2 dan berbisnis dgn bagus krn saya bisa bermain sulap !" 

Ada gak pengalaman lucu ketika anda beraksi di atas panggung?
"Saya pernah pasang flap penutup rahasia dagger chest saya terbalik, yg mestinya di depan tapi ini di blk kepala. hahaha
Pernah juga pas kita kumpul2 di rumah sampe tengah malam (kan kamu tau pesulap kalo dah ngumpul bisa sampe pagi ) heheh di meja ada kartu dan coin, saya tdk tau dari mana mrk datg, tiba2  bbrp orang polisi mengrebek kita. Ternyata para polisi mengira kita melakukan judi !!!!  
Sewaktu saya show seminggu di Beijing, China (dlm rangka merayakan hari kemerdekaan China), di panggung disediakan penterjemah dan MC, jadi dipanggung ada 3 orang termasuk saya. Bayangkan saya berbicara ke penterjemah dan penterjemah berbicara kepada MC baru MC bicara ke penonton. haha lucu bgt, kenapa kok tdk langsung saja pake MC yg bisa bhs  Inggris. jadi tdk muter2 begitu." 

Profesi anda kini sesuai dengan cita2 anda sewaktu kecil gak? 
"Saya tdk punya cita2 jelas. Tapi saya senang bisa menjadi pesulap. mungkin itu ya cita2 saya."

Rencana anda ke depan?
"Saya akan jalani saja.....dunno lah...."

Saya liat foto om cahyo, dengan para magician dunia seperti foto yg saya lampirkan ini, boleh sedikit cerita ga om tentang foto ini? ko om bisa ketemu dengan mereka & dalam acara apa? kalo dari foto sepertinya om akrab bgt sama mereka,hehehe ?
"Saya kenal dg bbrp pesulap kelas international karena saya pernah bbrp kali show bareng mrk di luar negeri dan juga karena bertemu di magic convention spt AMA dan FISM dan juga lainnya mereka adalah buyer dari produksi alat sulap saya. 

Saya kenal akrab sekali dengan Guy Bavli, Jeff Mc Bride, Alan Wong, Hanklee, George Robinson (Owner Viking and Collector Workshop). Bahkan tahun lalu saya mengadakan mini magic convention di Bali dibantu oleh Jeff Mc Bride dan Alan Wong, tanpa dia even itu tdk akan bisa berjalan."


Ternyata The Great Cahyo adalah seorng pesulap legendaris Indonesia yang sudah banyak melanglang buana dalam karir magicnya, meskipun beliau pesulap legendaris tetapi beliau adalah pribadi yang menyenangkan dan humoris serta tidak sungkan untuk berbagi pengalaman dengan pesulap muda lain dengan tujuan memberi inspirasi serta motivasi kepada pesulap muda Indonesia untuk terus semangat berkarya di dunia magic.

Pelajaran yang bisa kita petik dari interview ini salah satunya adalah sebagai seorang magician kita harus membuka wawasan, buka telinga, buka mata, carilah networking sebanyak mungkin dan JANGAN SOMBONG, belajar lah dari siapa saja bergaulah dengan siap saja maka anda akan belajar banyak. Kita tidak akan pernah bisa habis dalam belajar sulap.

Demikian lah wawancara ekslusif SEVENSPADE dengan Om Cahyo, semoga wawancara ini bisa lebih mengenal dan menghargai pesulap legendaris Indonesia dan bisa menambah motivasi kita semua agar terus berkarya di dunia magic.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar