Kamis, 31 Maret 2011

Interview With Oge Arthemus, The Modern "Houdini's"


Seni meloloskan diri dari hambatan,ikatan dan ruang terbatas,yaitu keterampilan yang telah dikerjakan oleh para pesulap untuk waktu yang sangat lama. Bukan awalnya ditampilkan sebagai tindakan nyata dalam dirinya sendiri tapi malah diam-diam digunakan untuk menciptakan efek ilusi lainnya seperti hilangnya atau transmutasi. Pada 1860, para Davenport Brothers, yang terampil melepaskan diri dari ikatan tali, menggunakan seni untuk menyampaikan kesan mereka dapat dikendalikan ketika mereka menciptakan spirit fenomena.

Ilusi lain, termasuk John Nevil Maskelyne, menampilakan bagaimana Davenport melakukan tindakan mereka dan kembali menciptakan trik untuk menghilangkan prasangka saudaranya 'yang mengklaim kekuatan psikis. Namun performa terang-terangan tidak melibatkan melarikan diri, hanya sebuah replikasi trik dengan pernyataan bahwa mereka dicapai oleh para pesulap yang mengunakan kekuatan roh. Butuh waktu tiga puluh tahun sebelum keahlian murni melarikan diri mulai ditampilkan sebagai suatu pertunjukan yang layak disaksikan. Sosok yang paling bertanggung jawab untuk membuat hiburan escapology yang diakui adalah Harry Houdini, yang membangun kariernya dengan mendemonstrasikan kemampuan untuk melepaskan diri dari berbagai macam hambatan dan situasi sulit. 


Houdini tidak menyembunyikan fakta bahwa ia adalah seorang pakar meloloskan diri dari hambatan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengatasinya, tetapi ia sering menyembunyikan rincian tepatnya dan mempertahankan suasana misteri dan ketegangan. Meskipun bergantung pada keterampilan teknis seperti keahlian membuka kunci, ia juga melakukan trik-trik seperti Metamorfosis dan Cina water torture cell, yang pada dasarnya adalah ilusi tahap klasik yang bergantung pada alat peraga yang dirancang dengan cerdas. Munculnya Houdini's membantu untuk menentukan repertoar dasar escapology, termasuk melarikan diri dari borgol, gembok, straitjackets, dan sel-sel penjara.


Istilah sebenarnya 'escapology' yang terkenal awalnya telah diciptakan oleh escapologist Australia dan illusionist Murray (Norman Murray Walters), seorang Houdini kontemporer.

Sejumlah pemain telah menambahkan ide-ide baru dan menciptakan variasi pada stunts tua, tetapi bahkan untuk Common kontemporer terbaik untuk escapologists dijuluki modern "houdinis"

Indonesia patut berbangga diri, karena Indonesia pun memiliki seorang "modern houdinis" yang sudah banyak menampilkan atraksi atraksi menegangkan, dia adalah Oge Arthemus. Magician lulusan Trisakti ini mengaku mengagumi sosok Houdini yang begitu menginspirasikannya dalm setiap permainan escapology nya, The Magic Post dan SEVENSPADE berkesempatan melakukan interview dengan Oge Arthemus via facebook, dan berikut kutipan interview nya :

Udah lama ga nongol di TV trus apa Kesibukan saat ini?
Sekarang memang sudah jarang nongol di TV, cm masih sibuk dengan kegiatan show off air nya, and magic konsultan and konseptor di beberapa acara TV di Indonesia dan di luar.

Bagaimana awal ketertarikan anda di dunia magic, dan dari mana anda mulai belajar? 
Awal ketertarikan dunia sulap dimulai pada saat saya berumur 9 thn pada saat saya pertama kali melihat pesulap jalanan bermain sulap dan menjual alat sulap, disitulah saya pertama kali kagum dengan sulap ditambah lagi pada tayangan TV david copperfield.

Siapakah figur-figur yang paling menginspirasi anda dalam karir di dunia magic? 
Figur yang paling menginspirasi adalah harry houdini
Aliran sulap apakah yang paling anda tekuni hingga saat ini? 
Escapologist dan ilusi
Adakah tips yang anda berikan untuk teman-teman yang baru mendalami dunia sulap, agar bisa sukses seperti bang oge? 
tips..hmm...yang jelas, kemauan keras, dedikasi dan komitmen karena semuanya itu saling berhubungan satu dengan yang lainnya jadi semuanya harus saling berjalan seiringan (kemauan, dedikasi dan komitmen )
Kalo ga salah bang oge ini masih satu manajemen sama bang deddy yah,boleh ga sedikit cerita gmna ko bisa bertemu n bergabung dengan manajemnnya bang deddy? 
Dulu saya dan teman-teman (demian, bow, faro, decky, romy, dan faro ) memang tergabung dalam manajemen pentagram deddy corbuzier namun sejak tahun 2006 sudah tidak lagi. Cerita singkatnya seperti ini : dulu saya sedang membuat event di salah satu club di jakarta dan bertemu dengan romy yang saat itu sedang reguler show di club itu, kemudian tukeran no hp dan kita tlp-tlpnan dari situ dan 2 bulan sejak ketemu akhirnya saya bergabung kedalam pentagram

Trik paling anda suka n paling favorit anda maenin? 
spirit tied.


Bagaimana menurut anda prospek perkembangan dunia sulap di Indonesia ? 
Menurut saya perkembangan sulap di indonesia sangat bagus karena skg sulap sudah mulai menjadi industri, namun sangat disayang kan pesulap-pesulap yang baru2 sekarang ini membuat sulap yang sudah mulai menuju industri malah membuat sulap menjadi terlihat murah dan bahkan murahan ( silahkan di research sendiri ), contoh : baru bisa beberapa permainan sulap sudah berani membuat kartu nama dengan title illusionist, cardician dll.
Demikialah interview The Magic Post dan SEVENSPADE dengan Oge Arthemus semoga bisa bermanfaat buat para pencinta sulap di tanah air , pesan yang dapat kita ambil dari interview ini adalah untuk menjadi pesulap yang profesional harus dimulai dengan kemauan yang keras, dedikasi dan komitmen karena semuanya itu saling berhubungan satu dengan yang lainnya jadi semuanya harus saling berjalan seiringan (kemauan, dedikasi dan komitmen ).
-Salam Magic-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar