Rabu, 16 Juni 2010

Harry Houdini

Harry Houdini (Budapest, Hongaria, 24 Maret 1874Detroit, 31 Oktober 1926) adalah seorang pesulap terkemuka asal Amerika Serikat. Pesulap dengan nama asli Enrich Weiss ini paling dikenal melalui trik-trik meloloskan dirinya, antara lain melepaskan diri dari ikatan tali, borgol, rantai, dan yang paling terkenal: trik Chinese water torture, di mana Houdini yang tubuhnya digantung terbalik berhasil meloloskan diri dari lemari kaca yang diisi penuh dengan air.

Houdini mulai menjadi pesulap pada tahun 1891. Awalnya ia hanya berkutat pada sulap-sulap kartu, namun kariernya menanjak sejak memfokuskan diri pada aksi-aksi meloloskan diri. Pertunjukan terakhir Houdini berlangsung pada 24 Oktober 1926. Sehari kemudian ia masuk rumah sakit dan meninggal dunia akibat peritonitis di bagian umbai cacing pada 31 Oktober 1926.

Dalam dunia sulap, Harry Houdini adalah legenda besar. Dedikasinya kerap dijadikan inspirasi oleh pesulap-pesulap yang ada di seluruh dunia. Keberaniannya melawan maut membuat decak kagum penerus-penerusnya.

Pesulap yang akrab dengan borgol dan segala jenis rantai pengikat lainnya ini memang layak dikenang di kalangan magicians. Oleh karena itu, buku biografi bergambar ini merupakan sebuah bentuk penghormatan dari generasi pengikutnya untuk Houdini.

Buku ini secara kronologis mengisahkan Houdini semenjak lahir di Budapest, Hungaria –pada tanggal 24 Maret 1874. Kemudian, mengupas sepak-terjang sang maestro Escapolgy (sebuah praktek ilusi ilmu sulap dalam meloloskan diri dari pengikat bagian-bagian tubuh atau halangan-halangan lain) dalam setiap stunts- dan feats performance sampai dengan detik-detik perjuangannya berhadapan dengan ajal.

Kematiannya sungguh masih misteri sampai detik ini. Demikianlah kalau memang seorang tokoh mau dikenang sepanjang masa. Terlepas dari itu, kehidupan Houdini adalah kehidupan dunia sulap yang tak bisa dilupakan oleh para pesulap manapun. Sosoknya mewarnai momen-momen penting dalam belantara panggung persulapan dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar