Selasa, 22 Juni 2010

Deddy Corbuzier Penerus Wing Chun

Udah pada tau kan beladiri Wing Chun, yang terkenal dari film Ip Man. Wing Chun mungkin belum terkenal di Indonesia, tapi sebentar lagi Wing Chun akan jadi resmi di Indonesia.

Salah satu penerus Wing Chun di Indonesia adalah Deddy Corbuzier, yang selama ini kita kenal sebagai Master Mentalist.

Image
Kabar gembira untuk Deddy Corbuzier, master mentalist nomor satu di negeri ini. Bulan Juni ini, Samuel Kwok, satu-satunya penerus dan menduduki jabatan sebagai presiden perguruan silat aliran Wing Chun, akan datang ke Indonesia, melantik Deddy Corbuzier sebagai satu-satunya penerus ilmu beladiri Wing Chun di Indonesia. Dan menunjuknya sebagai ambasador Wing Chun. ''Saya juga kaget,'' tutur Deddy yang tengah berada di Surabaya lewat telepon selulernya kemarin.

Wing Chun menurut Deddy adalah ilmu beladiri yang diperuntukkan bagi perempuan. Bermula dari zaman dinasti Ming, gurunya bernama Ng Mui. Gerakannya halus dan tidak menggunakan power. ''Saya mempelajarinya dari kakek dan ayah saya sejak kecil,'' tutur suami Kalina itu.

Jika Anda pernah menyaksikan film Ipman yang dibintangi (sekarang tengah beredar di bioskop, Ipman 2), itulah cerita Wing Chun. Ipman adalah tokoh Wing Chun yang legendaris. Pada cerita sejarah, Ipmanlah yang melawan tentara Jepang di dataran Cina. Sampai akhirnya dia kabur ke Hong Kong. Di sini dia mendirikan perguruan silan Wing Chun, dan salah satu muridnya yang terkenal adalah Bruce Lee.

Pada perjalanannya, Wing Chun diturunkan kepada dua anaknya, Ipchun dan Ipchin. Dari sini, turun lagi kepada Samuel Kwok. Samuel Kwok yang sudah berusia 70 tahunan inilah yang mencari siapa lagi yang menuruni ilmu ini. Dan, lewat perbincangan di internet, Deddy menyebut dapat ilmu itu dari kakeknya. Samuel ternyata mengenal kakek Deddy.

''Saya merancang diskusi dan membuat buku dan apalagilah untuk mensosialisasikan Wing Chun di Indonesia,'' tutur Deddy, penyandang sabuk hitam karate ini. Masih menurut Deddy, di sini sebenarnya berkembang ilmu Wing Chun, hanya saja sudah berubah di sana sini. Salah satu yang mempelajarinya di Bandung adalah penyanyi Marcel.

Hal lain yang akan menarik adalah, Deddy harus tampil polos. Dia tidak akan menggunakan make up yang menjadi ciri khasnya, dan dia harus membuka baju.

nih cuplikan videonya :



sumber : http://forumsulap.com/viewtopic.php?f=9&t=9001

2 komentar:

  1. keren coy ni beladiri,

    BalasHapus
  2. setuju dah ma kamu,,,
    hahaha,
    kerenan kapoera ah menurut gw.

    BalasHapus