Selasa, 24 Agustus 2010

Mengerjakan diluar Kesadaran


Ini bukan cerita tentang orang yang "ngelindur" atau orang yang berjalan sambil tidur lho, Yang akan saya angkat kali ini adalah tentang kuadran kesadaran dan kemampuan (Consiousness & Competence). Saat ada orang yang baru bisa naik sepeda, dia akan mengendarai sepedanya dengan penuh konsentrai atau penuh kesadaran. Lengah sedikit bisa jatuh dia. Dalam kondisi ini orang berada di kuadran I, yaitu pada status "bisa melakukan dengan kesadaran penuh" atau Consious Competence. Kalau digambar posisinya ada di sebelah kanan atas.

Setelah orang sudah sangat lancar bersepeda, sehingga tidak diperlukan lagi konsentrasi yang tinggi untuk bisa mengendarai sepeda, sehingga saat bersepeda orang tersebut bisa sambil tolah-toleh (tengok sana tengok sini) atau sambil bertelepon, atau mungkin sambil ngobrol dengan temannya yang bersepeda di sebelahnya. Maka statusnya sudah naik satu tingkat yaitu diposisi Un-Consious Competence di kuadran II. Posisi ini adalah merupakan status tertinggi dari kuadran Consiousness & Competence yang bila diurutkan adalah sebagai berikut: posisi paling bawah Un-Consious incompetence (Tidak sadar dan tidak bisa), lalu Consious incompetence (Dengan kesadaran penuh tidak bisa) dan Consious competence (Bisa dengan kesadaran penuh), dan yg paling tinggi adalah Un-consious Competence ( Tanpa sadar bisa melakukan)

Betapa nikmatnya bila kita bisa melakukan sesuatu dengan mudah, sehingga tidak harus berfikir. Biasanya pekerjaan itu adalah pekerjaan sehari-hari yang rutin kita lakukan. Misalnya tanpa disadari ternyata kita sudah selesai mandi dengan urut-urutan mulai dari masuk kamar mandi, buka baju, mengguyur badan dengan air dan seterusnya sampai kita sudah berpakaian lagi. Apakah kita pernah berpikir serius tentang proses itu? misalnya iya kemungkinan itu terjadi karena adanya perubahan di tempat mandi kita, misalnya airnya ngadat atau sabunnya habis dan lain-lain.

Melalui hypnosis pemberdayaan diri, kita bisa memprogram agar suatu pekerjaan besar bisa kita laksanakan dengan lancar dan tanpa harus terlalu banyak berkonsentrasi. Yaa,..seperti kalau kita naik sepeda saja, karena status pekerjaan itu akan kita posisikan di status Un-Consious Competence (Bisa mengerjakan diluar kesadaran).

Gimana,...ingin mencoba?

http://hypnodutainment.blogspot.com/2010/02/mengerjakan-diluar-kesadaran.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar